,

Mutasi Pejabat Saat Proses Pilkada Berbuntut Panjang

BLANGKEJEREN – Mutasi pejabat eselon yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues akhir Desember 2016 lalu berbuntut panjang. Sekretaris Daerah dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gayo Lues dipangil Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) ke Jakarta untuk klarifikasi.

Undangan itu bernomor UND-495/KASN/2/2017 yang langsung ditandatangani oleh Ketua KASN Sofian Efendi bertanggal 14 Februari 2017. Dalam surat itu, KASN menjelaskan, menindaklanjuti laporan pengaduan terkait dugaan pelanggaran dalam pengangkatan dan pemberhentian pejabat struktural di lingkungan pemerintah daerah, untuk itu Sekda dan Kepala BKPP diminta agar hadir pada hari Selasa, 28 Februari 2017 pukul 11:00 WIB di ruang rapat KASN.

Sekda Gayo Lues H Thalib yang dikonfirmasi terkait perihal tersebut, Sabtu, 25 Februari 2017 mengatakan, mutasi yang dilakukan akhir Desember 2016 lalu karena tuntutan PP 18 dan Qanun tahun 2016, mutasi itu juga sudah sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Mutasi yang dilakukan kemarin memang ada beberapa pejabat yang sebelumnya menjabat diberhentikan, dan alasanya jelas, dulu staf ahli ada lima bagian, namun sekerang hanya tiga, makanya dengan terpaksa dua orang ini diangkat menjadi staf khusus Bupati, yakni Jamaludin Ilyas dan Mukmin,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Disprindakop dan UKM Hasan Salam, Sekda mengatakan mutasi yang dilakukan akibat Hasan Salam mengalami sakit, dan surat tidak keberatan pemberhentian jabatanya juga ada, setelah pemberhentian itu, Hasan Salam juga diangkat menjadi staf khusus bupati.

“Mengenai Ir Eling Purwanto yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, itu diberhentikan akibat ada penggabungan antara Kantor Lingkungan Hidup dengan Perkebunan, namun jika KASN memanggil kami ke Jakarta, kami akan penuhi undangnya, dan jika menurut KASN ada yang salah, ya kita akan lakukan perbaikan sebagaimana mestinya,” kata Sekda. [Win Porang]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *