,

Mualem Menang Tipis di Aceh Selatan

TAPAKTUAN – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh nomor urut 5, Muzakir Manaf – TA Khalid unggul tipis dengan paslon nomor urut 6, Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah dan nomor urut 1, Tarmizi A Karim – Machsalmina Ali di Kabupaten Aceh Selatan.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh yang dihimpun tim desk Pilkada bentukan Pemkab Aceh Selatan, sejak Rabu 15 Februari 2017, petang hingga pukul 21.00 WIB malam, Muzakir Manaf – TA Khalid mampu meraup suara 34.539 atau 33,15 persen.

Posisi tersebut ditempel ketat pasangan nomor urut 1, Tarmizi A Karim – Machsalmina Ali dengan memperoleh suara 32.303 atau 31,00 persen dan pasangan nomor urut 6, Irwandi Yusuf – Nova Iriansyah yang juga mampu memperoleh suara sebanyak 32.026 atau 30,74 persen.

Yang menariknya lagi, hasil rekapitulasi tim desk Pilkada Aceh Selaatn yang dipantau wartawan sekitar pukul 21.00 WIB tersebut, menempatkan pasangan nomor urut 2, Zakaria Saman – HT Alaidinsyah di urutan empat dengan perolehan suara sebanyak 1.936 atau 1,86 persen.

Perolehan suara Apa Karya sebanyak itu di Aceh Selatan sempat mengejutkan banyak pihak, karena mampu mengalahkan perolehan suara pasangan nomor urut 3, Abdullah Puteh – Sayed Mustafa, dimana Sayed Mustafa yang notabenenya berasal dari wilayah pantai barat selatan Aceh justru hanya mampu meraup suara sebanyak 1.061 atau 1,02 persen. Termasuk pasangan calon nomor urut 4 yang juga Gubernur Aceh Incumbent, Zaini Abdullah – Nasaruddin juga hanya mampu meraup suara sebanyak 1.265 atau 1,21 persen.

Ketua desk Pilkada yang juga Sekda Aceh Selatan, H Nasjuddin mengatakan, berubahnya hasil rekapitulasi suara yang sebelumnya sempat dipimpin pasangan nomor urut 1 tersebut, setelah rekapitulasi suara dari 260 desa di 18 kecamatan seluruhnya masuk ke sekretariat desk Pilkada di Tapaktuan.

“Dalam melakukan pemantauan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tersebut, Pemkab Aceh Selatan menerjunkan langsung sejumlah pejabat daerah yang duduk dalam tim desk Pilkada ke masing-masing kecamatan. Para pejabat ini, selain bertugas memantau jalannya pilkada berjalan aman dan lancar, juga berkewajiban melaporkan hasil penghitungan suara di masing-masing TPS ke tim desk pilkada di Tapaktuan,” ujar Sekda.

Menurutnya, dari jumlah daftar pemilih tetap Aceh Selatan sebanyak 153.073 jiwa, jumlah masyarakat yang memberikan hak suaranya hanya sebanyak 104.193 orang atau 68,07 persen.[Hendri Z]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *