,

Minim Pengunjung, Lokasi Ramadan Fair Dipindahkan

TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) memindahkan lokasi Tapaktuan Ramadhan Fair dari sebelumnya berada di reklamasi pantai Taman Pala Indah ke lokasi baru di pinggir Jalan Sudirman yakni di lahan bekas Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP).

Kabid Perdagangan Disperindagkop dan UKM Aceh Selatan, Saiful Rahman, mengatakan, keputusan pemindahan lokasi tempat berjualan aneka kuliner dan penganan berbuka puasa yang terpusat itu, dilakukan Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra merespon keluhan para pedagang karena minim pengunjung yang datang ke lokasi sebelumnya.

“Setelah menerima keluhan dari para pedagang, bupati langsung merespon dengan memerintahkan pemindahan lokasi Tapaktuan Ramadhan Fair dari reklamasi pantai Taman Pala Indah ke lokasi baru dipinggir Jalan Sudirman persisnya di lahan bekas kantor KIP,” kata Saiful Rahman, Minggu, 12 Juni 2016.

Dia menjelaskan, penyebab minimnya pengunjung datang ke lokasi Tapaktuan Ramadhan Fair di Reklamasi Pantai Taman Pala Indah dipicu karena telah robohnya tanggul pengaman pantai akibat di hantam gelombang pasang setinggi mencapai tiga meter lebih, sehubungan belum redanya bencana abrasi laut yang terus mengganas sejak satu bulan terakhir.

“Dengan telah robohnya tanggul pengaman pantai tersebut, masyarakat mengkhawatirkan jika sewaktu-waktu gelombang pasang terus mengganas, maka sangat berpotensi air laut akan turut merendam lokasi Ramadhan Fair. Kondisi ini secara otomatis mengurangi minat masyarakat untuk datang ke lokasi tersebut,” kata Saiful.

Meskipun lokasi Ramadhan Fair telah di pindah ke tempat yang baru, sambung Saiful, pihaknya tetap meminta kepada para pedagang yang menjual penganan berbuka puasa di sore hari khususnya yang berada dalam Kota Tapaktuan, untuk berjualan di lokasi Ramadhan Fair yakni lokasi yang telah ditetapkan sebagai pusat penjualan aneka kuliner dan penganan berbuka puasa.

“Langkah ini dilakukan untuk menciptakan ketertiban dan keindahan kota termasuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalulintas. Lokasi baru Ramadhan Fair tersebut tidak kalah strategisnya dari lokasi sebelumnya, apalagi lokasi baru tersebut persis berada di pinggir jalan negara lintasan Tapaktuan – Medan, sehingga sangat mudah dijangkau oleh masyarakat yang membutuhkan penganan berbuka puasa,” pungkas Saiful.[HM]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *