,

Minat Baca Siswa Rendah Karena Buku Terbatas

SIGLI – Rendahnya minat baca siswa sangat dipengaruhi oleh terbatasnya ketersediaan buku di sekolah. Hal itu disampaikan Koordinator USAID Prioritas Aceh, Ridwan Ibrahim, saat peluncuran secara simbolis hibah paket Buku Bacaan Berjenjang (B3) untuk 130 sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah di Pidie, Selasa, 9 Februari 2016 di Saka Kupi Café, Sigli.

Ia menjelaskan, B3 merupakan salah satu program untuk pengembangan budaya dan kemampuan membaca siswa kelas awal SD/MI. “Berbagai penelitian membuktikan bahwa masih rendahnya kemampuan dan minat baca siswa di Indonesia,” kata Ridwan.

Menurut ia penyebab rendahnya budaya dan kemampuan membaca siswa, antara lain kerana sekolah hanya menyediakan buku-buku bacaan bersifat umum secara terbatas, masih kurangnya jumlah buku yang sesuai sebagai media belajar membaca bagi siswa kelas awal, banyak buku bacaan beredar di pasar tapi sulit ditemukan buku berjenjang yang disesuaikan dengan kebutuhan anak kelas awal, serta tidak adanya training khusus bagi guru tentang pembelajaran membaca di kelas awal.

“Kondisi rendahnya budaya dan kemampuan membaca siswa pada umumnya dan siswa kelas awal pada khususnya sedapat mungkin tidak dibiarkan berlanjut. Sebab, semakin rendah keterampilan membaca siswa maka akan semakin rendah informasi yang dapat dimiliki yang pada gilirannya akan semakin rendah pula kemungkinan berhasil dalam belajar,” jelasnya.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *