,

Milad Perdana Komandan Al Asyi Santuni Anak Pemulung

BANDA ACEH – Komando Aneuk Muda Alam Peudeng (Komandan) Al Asyi, Sabtu, 7 Juli 2018 menggelar perayaan milad (ulang tahun) perdana organisasi bentukan para pemuda keturunan Sultan Aceh Darussalam tersebut di taman edukasi anak pemulung, Gampong Jawa, Banda Aceh. Pada milad tersebut juga diberikan santunan dan bingkisan kepada anak-anak kurang mampu di sekitar lokasi TPA Gampong Jawa.

Pang Ulee Komandan Al Asyi, Tuanku Warul Waliddin menjelaskan, Komandan al Asyi didirikan untuk membangunkan karakter generasi Aceh yang hari ini masih tertidur dan lupa akan dirinya sebagai orang Aceh melalui gerakan peu thee droe, turie droe dan tusoe droe.

“Mengembalikan kejayaan Aceh di masa depan telah kita mulai,” ungkap Tuanku Warul Waliddin didampingi Tuanku Indra Ersyad, Tuanku Tolchah Mahmud, Teuku Bahagia dan Naslan Fauril.

Menurut Tuaku Warul, dalam setahun terakhir pihaknya telah melakukan berbagai aksi menyangkut pengembalian identitas diri generasi Aceh. Sebagaimana pada pertengahan tahun lalu pasca dibentuk Komandan Al Asyi telah membuat bedah buku Ragam Citra Kota Banda Aceh karya Dr Kamal Arief. Dan momentum tersebut menjadi awal perjuangan mengembalikan status ujung kampung Jawa yang selama ini telah dijadikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Banda Aceh hingga pembangunan IPLT / IPAL yang akhirnya resmi dihentikan.

Meskipun beredar kabar saat ini sedang dikembangkan kembali lokasi TPA dan IPAL tersebut untuk menjadikannya proyek baru mengatasnamakan pemanfaatan energi sampah, yang kesemuanya itu seharusnya tidak dilakukan lagi di lokasi ini. Kenapa tidak direkonstruksi saja kembali lokasi Gampong Jawa dan Gapong Pande menjadi lokasi tamaddun tempat awal mula peradaban Aceh dimulai,” ujar Tuanku Warul.[rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *