Menteri Agraria Diminta Sertifikasi Lahan Putri Betung

0
80

BLANGKEJEREN – Wakil Bupati Gayo Lues, H Said Sani bersama beberapa pejabat terkait, menjumpai Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil di Kabupaten Bener Meriah, membicarakan persoalan sertifikasi lahan di kawasan Putri Betung, Kamis, 11 Apri 2019. Pasalnya, sertifikasi lahan perkebunan perkebunan yang luas di Kecamatan Putri Betung masih terkendala karena berbatasan dengan hutan lindung.

Wakil Bupati Kabupaten Gayo Lues, H Said Sani didampinggi Kepala Dinas Pertanian Zakaria, Kepala Badan Pertanahan, Camat Putri Betung dan puluhan warga Putri Betung langsung menuju Bener Meriah setelah dihubungi staf Sofyan Jalil.

Pertemuan dengan Menteri Agraria yang seyogianya diadakan di Kabupaten Gayo Lues itu terpaksa digelar di Bener Meriah. Dalam pertemuan itu, H Said Sani mengatakan kepada Menteri Agraria bahwa Gayo Lues termasuk Kabupaten termiskin di Aceh, padahal memiliki lahan yang luas, tanah yang subur dan hasil perkebunan yang melimpah. “Kecamatan Putri Betung salah satu contohnya, disana memiliki banyak hasil komoditi seperti Coklat, Kemiri, Kopi, dan hasil kebun lainya,” katanya.

Tetapi kata Wakil Bupati, masyarakat Putri Betung masih banyak dikatagorikan miskin karna salah satu alasanya yaitu kepemilikan tanah yang terkendala sertifikat yang sah menurut hukum, persoalan itu didasari oleh perkebunan Putri Betung yang langsung berbatasan langsung dengan hutan lindung, padahal tanah yang dikelola masyarakat terbebas dari hutan lindung.

“Mohon Pak Mentri memberikan solusi kepada kami bagaimana caranya masyakat bisa membuat sertifikat tanahnya, sehingga kedepan kami tidak dicap lagi sebagai kabupaten termiskin di Aceh karena masyarakat kami memang tidak semiskin yang dibayangkan orang,” ujarnya.

Mentri Agraria RI Sofyan Djalil langsung menanggapi apa yang disampaikan Wakil Bupati, katanya, ini adalah salah satu komitmen kerja Presiden mengeluarkan sertifikat tanah bagi lahan yang terbebas dari faktor-faktor hukum, maka dari itu harus diwujudkan dalam waktu secepatnya.[Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here