,

Menteri Agama Minta Rakyat Aceh Rawat Keberagaman

BANDA ACEH – Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin, meminta masyarakat Aceh untuk merawat keberagaman. Saling bertoleransi dalam hidup berdampingan dengan pemeluk agama lain.

Lukman Hakim Saifuddin menekankan pendidikan agama Islam seharusnya dikaitkan dengan karakteristik bangsa yang beragam dan kaya dengan nilai-nilai religius. “Keragaman dan keagaman merupakan jatidiri yang tidak dapat dipisahkan pada bangsa Indonesia,” ujarnya pada pembukaan Pekan Keterampilan dan Seni Agama Islam Tingkat Nasional ke VIII Tahun 2017, di Taman Sultanah Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, Senin malam, 9 Oktober 2017

Islam, kata Lukman merupakan agama yang menebarkan kedamaian. Sementara Indonesia adalah negara mayoritas pemeluk Islam yang majemuk dari sisi budaya, bahasa dan agama. “Ini fitrah yang perlu kita rawat,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf mengatakan, penduduk Indonesia khususnya Aceh sebagai pemeluk mayoritas agama Islam, harus menjadi pelindung bagi pemeluk agama lainnya. “Di mana ada umat Islam di situ harus ada perdamaian,” harapnya.

Irwandi juga meminta agar pemeluk Islam di Aceh untuk tidak defensif. Di mana tabiat itu biasanya lahir akibat ketersinggungan. Di Indonesia bahkan di Aceh pernah terjadi konflik agama yang berujung pembakaran rumah ibadah. Masyarakat Islam sebagai mayoritas di Indonesia harus menampakkan jati dirinya sebagai bangsa yang mulia.

“Siapa yang mayoritas harus melindungi minoritas. Keagungan Islam dapat kita lihat dalam hukum perang Islam. Dalam peperangan, Islam secara tegas melarang menyakiti anak-anak, perempuan, menebang pepohonan yang bisa dijadikan bahan makanan oleh musuh dan dilarang meracuni sumber minuman. Poin-poin itu kemudian diadopsi di dunia moderen dan dimasukkan dalam Konvensi Jenewa,” ungkap Irwandi.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *