,

Menpora Dukung Aceh-Sumut Tuan Rumah PON XXI

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Republik Indoneia (RI) Imam Nahrawi secara prinsip menyatakan menyetujuai Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) menjadi tuan rumah bersama pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XXI pada tahun 2024 mendatang.

Dukungan itu disampaikan Menpora dalam pertemuan dengan pengurus Komite Olah Raga Nasional (KONI) Aceh dan Sumut di rumah dinasnya di kawasan Widya Chandra, Jakarta Barat, Senin 18 Desember 2017.

Dalam pertemuan tersebut Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin Abu Bakar atau Abu Razak melaporkan kepada Menpora bahwa Aceh dan Sumut telah memperoleh dukungan tertulis 25 dari 34 provinsi untuk menjadi tuan rumah bersama pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

Rombongan KONI Aceh yang menjumpai Menpora dipimpin oleh Abu Razak, didampingi oleh Sekretaris Umum M. Nasir, para Wakil Ketua yaitu T. Rayuan Sukma dan Bachtiar Hasan, Bendahara Umum Kennedi Husen serta perwakilan dari Dispora Aceh. Sementara KONI Provinsi Sumatera Utara dipimpin oleh Ketua Umum Jhon Ismady Lubis. “Kami sangat berharap dukungan dari pemerintah pusat,” kata Abu Razak kepada Menpora.

Ia juga melaporkan bahwa Aceh dan Sumut telah melakukan penjemputan surat dukungan tertulis dari berbagai provinsi baik di Pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Selain itu KONI Aceh dan Sumut juga akan meminta langsung dukungan dari menteri-menteri terkait dan khususnya kepada Presiden RI Joko Widodo.

“Aceh dan Sumut telah mengumpulkan surat dukungan tertulis 25 dari total 34 provinsi di Indoensia,” lapor Abu Razak kepada Menpora, sembari menambahkan bahwa Langkah sebagai tuan rumah PON Aceh-Sumut sudah dirintis pasca biding penetapan Papua sebagai tuan PON Tahun 2020.”

“Bagi Aceh khususnya, penyelenggaraan PON memiliki berbagai makna. Selain untuk menjaga dan memperkuat perdamaian, PON juga ajang peningkatan ekonomi bagi Aceh. Dukungan dari Menpora dan presiden adalah “stempel” yang paling efektif terhadap situasi Aceh, bahwa Aceh aman dan damai,” kata Sekretaris Umum KONI Aceh M. Nasir. [qm]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *