Masyarakat Penerima Bantuan Rehab Rumah Terharu Dijumpai H Firmandez

0
166

IDI – Masyarakat penerima bantuan rehab rumah di Kabupaten Aceh Timur terharu dijumpai H Firmandez, anggota Komisi VII DPR RI. Mereka mengaku tak pernah menyangka akan berjumpa langsung dengan sosok yang selama ini mereka panggil sebagai “Bapak Rehab Rumah.”

Peristiwa haru terjadi saat H Firmandez yang kembali mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI Partai Golkar nomor urut 4 dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2, berkunjung ke gampong Matang Sijuek, Simpang Ulim, dan beberapa desa sekitarnya untuk melihat progres rehab rumah warga yang dibantu dengan dana APBN dan aspirasinya sebagai anggota DPR RI.

Seorang perempuan paruh baya yang sedang merapikan barang-barang di samping rumahnya yang sedang direhab, ketika diberitahu bahwa pria di depannya adalah H Firmandez, langsung memeluk pinggang H Firmandez, dan dengan mata berkaca-kaca tanda haru mengucapkan terima kasih.

“Terimakasih bapak, saya tak menyangka bapak akan berkunjung ke rumah saya, selama ini saya hanya melihat bapak di spanduk. Saya doakan semoga bapak H Firmandez selamat dunia akhirat dan kembali menjadi anggota dewan DPR RI mewakili masyarakat kurang mampu seperti kami ini. Kami warga kampung ini pendukung bapak,” ucapnya dengan mata berbinar. Perempuan itu kemudian menyeka air mata dengan ujung jilbabnya.

Suasana haru seperti itu bukanlah yang pertama dialami H Firmandez, di tempat-tempat lainnya yang dikunjungi H Firmandez masyarakat juga menyambutnya dengan penuh antusias. Malah di beberapa tempat dilakukan penyambutan dengan kalungan bunga dan tepung tawar (peusijuek) di atas pentas.

Seperti yang terjadi di Gampong Tanoeh Anoe, Idi Rayeuk, Aceh Timur. Saat H Firmandez berkunjung ke desa itu untuk menyerahkan santunan bagi puluhan anak yatim, ia disambut masyarakat bersama ulama Aceh Timur, Tgk H Bukhari atau sering disapa Ayah Leugeu. H Firmandez didoakan dan dipeusijeuk di atas sebuah balai.

Penerima bantuan rehab rumah dari H Firmandez

Sebagaimana diketahui, sebagai anggota DPR RI, H Firmandez berhasil memperjuangkan bantuan rehab untuk lebih 2.000 rumah warga kurang mampu, dari rumah tidak layak huni menjadi layak huni, yang tersebar di delapan kabupaten/kota di dapil Aceh 2. Bantuan rehab rumah tersebut hasil kerja sama (aspirasi) H Firmandez dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BPSP).

Untuk Kabupaten Aceh Timur ada 520 rumah yang direhab atas usulan dan perjuangan H Firmandez, terdiri dari 100 rumah di Idi Rayeuk yakni di Gampong Jalan, Gampong Jawa, Teupin Batee, dan Meunasah Putuh. Kemudian 20 rumah di Bireum Bayeun, 80 rumah di Idi Tunong yang tersebar di Matang Bungong, Keutapang Dua, Matang Rayeuk dan Tualang Dalam.

Selain itu juga 40 rumah di Julok yakni di desa Blang Jambee dan Lhokseuntang, 20 rumah di Abeuk Geulanteu (Madat), 20 rumah di Matang Kruet, Pante Bidari, 20 rumah di Blang Bitra, Peureulak, 20 rumah di Alue Bu Tuha, Peureulak Barat, 20 rumah di Beurandang, Ranto Peureulak.

Selain di Aceh Timur, bantuan rehab rumah yang berhasil diperjuangkan H Firmandez juga tersebar di 8 kabupaten/kota lainnya di Dapil Aceh 2, seperti di Manyak Payed Kabupaten Aceh Tamiang sebanyak 80 unit, di Kabupaten Aceh Tengah sebanyak 369 unit, Kabupaten Bener Meriah 146 unit, kabupaten Bireuen 243 unit, Kota Langsa 175 unit, Kabupaten Aceh Utara 40 unit, dan Kota Lhokseumawe 280 unit.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here