,

Masyarakat Miskin Pedesaan Aceh Meningkat 22 Persen

BANDA ACEH – Bank Indonesia melaporkan dalam Kajian Ekonomi Regional Provinsi Aceh Triwulan I-2016 tingkat kemisminan di daerah pedesaan di Aceh meningkat sebesar 22 persen. Sementara angka penduduk miskin di Aceh secara keseluruhan 17,11 persen.

Pertumbuhan ekonomi Aceh yang hanya 3.66 persen belum mampu memberi dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat di pedesaan. Bank Indonesia memperkirakan, pada triwulan II-2016 ekonomi Aceh hanya tumbuh pada kisaran 3,66 persen hingga 4,62 persen year on year (yoy).

Dari sisi penawaran, sektor pertanian diperkirakan mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Sementara itu sektor pertambangan dan industri pengolahan diperkirakan masih mengalami kontraksi. Dari sisi permintaan, peningkatan konsumsi diperkirakan memberikan andil utama dalam pertumbuhan. Namun, defisit neraca perdagangan daerah Aceh masih menjadi penghambat.

Selain itu, Bank Indonesia juga memperkirakan pada triwulan II tahun 2016 inflasi Aceh masih berada pada level antara 3,19 persen hingga 4,19 persen (yoy). Tekanan diperkirakan bersumber baik dari inflasi kelompok volatile food. [HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *