Masjid Agung Subulussalam Ikon Baru Negeri Sada Kata

0
387

SUBULUSSALAM – Masjid Agung Kota Subulussalam yang dibangun sejak tahun 2010, Selasa, 5 Maret 2019 diresmikan, meski penggunaannya sebagai tempat ibadah dan kegiatan keagamaan sudah dilakukan sejak setahun lalu. Masjid megah ini kini menjadi icon baru Negeri Sada Kata tersebut.

Wali Kota Subulussalam, Merah Sakti Kombih saat peresmian menjelaskan, anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan masjid tersebut berjumlah 60 miliar lebih. Dana itu bersumber dari sumbangan masyarakat Subulussalam, Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA), serta Dana Otonomi Khusus Aceh (Doka) Kota Subulussalam. “Masjid ini telah dijadikan tempat ibadah sejak tahun lalu, serta tempat masyarakat melaksanakan berbagai kegiatan sosial, seperti akad nikah,” jelas.

Peresmian masjid Agung Subulussalam ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah. Turut hadir dalam agenda tersebut seluruh Satuan Kerja Pemerintah Kota Subulussalam dan Forkopimda setempat, serta jajaran SKPA dalam rombongan Plt Gubernur.

Nova Iriansyah meminta seluruh masyarakat Kota Subulussalam agar menjadikan Masjid Agung Subulussalam sebagai pusat pemberdayaan umat. Menurutnya, masjid tidak hanya berfungsi sebagai sarana ibadah, namun juga harus menjadi tempat pemberdayaan masyarakat, pendidikan serta penyelesaian masalah sosial.

Sebagai daerah terluar dan berbatasan langsung dengan provinsi lain, Nova Iriansyah juga meminta masyarakat Subulussalam menguatkan ketaqwaan dan nilai keislaman, dan mencegah pendangkalan akidah. “Saya yakin pemerintah kota Subulussalam mampu membangun masjid tidak hanya dalam aspek fisik tapi juga sosial,” pungkasnya.[rls]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here