,

Mantan Sekda Aceh Pimpin Forum Pembauran Kebangsaan

BANDA ACEH – Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Thantawi Ishak dilantik menjadi Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Banda Aceh periode 2018-2022. Pelantikan dan pengukuhan dilakukan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman, Senin, 25 September 2018 di Aula Gedung Mawardy Nurdin.

Forum tersebut beranggotakan 11 tokoh masyarakat lintas agama. Berdasarkan SK pembentukannya, forum ini bertugas untuk menjaring aspirasi masyarakat, menggelar dialog dengan pihak terkait, dan mensosialisasikan kebijakan, serta merumuskan rekomendasi kepada wali kota sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan pembauran kebangsaan.

Dalam sambutannya, Wali Kota Aminullah mengatakan akhir-akhir ini publik disuguhkan maraknya pemberitaan melalui berbagai media mengenai kualitas persatuan dan kesatuan bangsa yang mulai menurun. “Telah terjadi berbagai keributan yang disebabkan oleh perbedaan suku, ras, etnis, agama, dan golongan lainnya di beberapa daerah kecuali di Aceh.”

Hal tersebut, kata wali kota, bisa terjadi karena masyarakat yang mudah terprovokasi sehinggga mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Potensi ancamannya mulai dari konflik kepentingan terutama politik, perang ideologi, kesenjangan sosial dan ekonomi hingga perbedaan mazhab dalam agama.

“Kami berharap kepada FPK Banda Aceh untuk segera melakukan upaya-upaya konkrit, konfrehensif, dan terprogram dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Semoga tugas ini dapat dilaksanakan dengan baik, karena tantangan yang ada di lapangan nantinya tidak semudah di dalam forum ini,” harapnya.[rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *