,

Manfaat Ampas Kopi untuk Kesehatan Kulit

TEROPONGACEH.COM – Kopi bukan hanya bikin kecanduan dengan kafeinnya, tapi juga bisa mencerahkan kulit dengan ampasnya. Manfaat ampas kopi untuk kecantikan sudah terbukti. Beberapa kosmetik pembersih muka dan pencerah wajah menggunakan kopi sebagai pembersih noda.

Ampas kopi dapat dijadikan sebagai scrub wajah untuk mengatasi masalah jerawat. Zat yang terkandung dalam kopi bisa membuat jerawat lebih cepat kering, sehingga terhindar dari masalah peradangan. Masker ampas kopi juga bisa mengatasi munculnya komedo.

Selain itu bubuk kopi atau ampas kopi yang dioleskan pada wajah, bisa menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek. Ini terjadi karena kopi mempunyai kemampuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Dalam biji kopi juga terdapat kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk akibat radikal bebas. Dengan demikian, wajah akan terlihat lebih cerah dan terbebas dari kulit kusam.

Manfaat kopi selanjutnya yaitu, ketika digunakan sebagai masker wajah secara rutin dapat mengontrol kandungan minyak berlebih pada wajah sehingga wajah terlihat lebih bersih, bebas kilat dan terhindar dari jerawat. Jika digunakan sebagai masker wajah secara teratur, kopi dapat mengecilkan pori-pori serta membuat kulit wajah lebih halus dan lembab.

Cara pembuatan masker kopi pun sangat mudah. Cukup gunakan ampas kopi murni atau ampas kopi yang tidak tercampur dengan gula, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker, lakukan pijatan atau gosokkan lembut pada wajah, diamkan sekitar 20 hingga 25 menit, lalu bilaslah menggunakan sabun.

Masker kopi juga bisa dibuat dengan cara mencampurkan ampas kopi murni dengan madu, putih telur atau minyak zaitun. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan masker wajah atau scrub wajah secara teratur, maksimal 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Pastikan juga bahwa telah menggunakan kopi asli dan murni, yaitu bubuk kopi yang tidak tercampur dengan bahan apapun. [dbs]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *