,

Mahasiswa IAIN Lhokseumawe Juarai Lomba Karya Ilmiah BI

lomba karya ilmiah bi

JAKARTA – Harjoni Deski, mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe berhasil meraih juara harapan III dalam Lomba Karya Ilmiah Stabilitas Sistem Keuangan (LKISSK) 2017 yang digelar Bank Indonesia.

Pengumuman pemenang dilakukan di Surabaya pada Kamis, 23 November 2017. Dalam lomba tinkat nasional tersebut Harjoni mengirim paper dengan judul Pengukuran Risiko dengan Model PCA terhadap Stabilitas Sektor Keuangan di Indonesia.

Sementara juara satu diraih oleh tim mahasiswa dari Universitas Prasetiya Mulya yang terdiri dari Dominikus Otto Krisnandi, Kelvin Yohanes dan Eucharistio Kemur dengan judul paper Pengaruh Kompetisi Industri Terhadap Risiko Sistemis dan Perbankan Umum di Indonesia.

Juara kedua dimenangkan oleh Vira Cania Arman dari Vrije Universiteit Amsterdam dengan judul paper The Role of Consumer’s Acceptance and Financial Literacy in Reshaping the Fintech Industry: A Case Study in Indonesia.

Sementara juara harapan I dimenangkan tim mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret yang terdiri dari Sugiyanto, Anis Nur Aini, Meganisa Setianingrum, Shania Puspita Sari, dan Vivi Rizky Aristina Suwardi dengan judul paper Sistem Deteksi Dini Krisis Keuangan di Indonesia Menggunakan Gabungan Model Volatilitas dan Markov Switching Berdasarkan Indikator Ekonomi Makro.

Kemudian juara harapan II diraih Achmad Fawaid Husein dari Universitas Jember dengan julud paper Spillover Effect, Banking Stability and Effectiveness Macroprudential Policy From Capital Flows Channe.

LKISSK merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan Bank Indonesia sejak 2008 untuk mendorong masyarakat, khususnya kalangan akademisi, agar lebih mendalami mengenai stabilitas sistem keuangan (SSK).

Untuk tahun ini lomba mengambil tema “Risiko Sistemik, Stabilitas Sistem Keuangan, dan Kebijakan Makroprudensial”. Lomba sudah berlangsung sejak 17 Maret 2017 dengan batas akhir pengiriman karya ilmiah pada 29 September 2017. Dari 86 karya ilmiah yang masuk, terpilih 5 finalis untuk mempresentasikan karya ilmiahnya di hadapan dewan juri. Salah satunya Harjoni Desky dari IAIN Lhokseumawe.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *