Longsoran Lintasan Blangkejeren – Blangpidie Mulai Dibersihkan

0
271

BLANGKEJEREN – Beberapa titik longsor di lintasan Blangkejeren , Gayo Lues menuju Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) mulai dibersihkan. Pembersihan dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gayo Lues setelah seminggu terjadi longsor tidak dibersihkan oleh pihak provinsi.

Kepala BPBD Gayo Lues, Zakaria, Kamis, 12 Januari 2016 menjelaskan, akibat jalan longsor tersebut dua desa di Gayo Lues terisolasi yakni Tongra dan Terlis di Kecamatan Terangun.

“Kita terpaksa turun tangan demi masyarakat kita yang masih terisolasi di dua desa itu, mereka sudah seminggu lebih terisolasi, tapi belum juga ditangani oleh penanggung jawab pemeliharaan jalan provinsi tersebut. Kasihan mereka yang sudah kehabisan sembako,” katanya.

Zakaria melanjutkan, pihaknya sudah menurunkan alat berat ke lokasi kejadian longsor untuk menagani jalan amblas dan tertimbun tanah gunung, sehingga warga bisa membeli beras kepusat Kecamatan Teragun maupun ke Blangkejeren.

“Kita harapkan dalam waktu tiga atau empat hari ke depan, jalan yang amblas dan tertimbun longsor sudah selesai diperbaiki dan bisa dilintasi, kita membutuhkan waktu yang agak lama karena longsor sangat parah dan banyak timbunan yang harus dipindahkan,” jelasnya

Zakaria melanjutkan, pihaknya tidak bisa menunggu aksi dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Aceh untuk menuntaskan jalan longsor itu, sebab meski sudah tujuh hari sejak terjadi longsor, mereka belum mampu mengatasinya.

PPTK Jalan Gayo Lues –Abdya, Said Anuar Fuadi kepada wartawan mengatakan, sudah ada alat berat jenis loder yang diturunkan kelokasi longsor Abdya dengan Gayo Lues, namun karena titik longsor sampai empat titik dirinya berharap agar Pemkab Gayo Lues juga turun tanggan mengatasi longsor tersebut.

“Inikan bencana alam, jadi sah-sah saja jika mereka membantu untuk menyelamatkan masyarakat yang saat ini terkurung di Desa Melelang dan Terlis, sebab kami juga kesulitan untuk mobilisasi alat berat,” katanya. [Win Porang]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here