,

Longsoran Batu Tutupi Jalan Tapaktuan – Medan

TAPAKTUAN – Hujan deras yang mengguyur wilayah Aceh Selatan sejak Sabtu 25 Februari 2017 sore hingga malam, telah mengakibatkan terjadi longsor batu besar di kawasan tikungan gunung perbatasan antara Gampong Lhok Bengkuang dengan Gampong Batu Itam atau persis di gunung Tugu PKA, Kecamatam Tapaktuan, sekitar pukul 23.00 WIB.

Longsoran bongkahan batu besar di atas badan jalan negara lintasan Tapaktuan – Medan, Sumatera Utara tersebut sempat mengganggu arus lalu lintas selama beberapa saat pada Sabtu malam. Karena batu gunung berukuran besar yang jatuh ke atas badan jalan dari sisi gunung menutupi setengah badan jalan.

Petugas kepolisian yang langsung mengamankan lokasi pada Sabtu malam terpaksa harus menerapkan sistem buka tutup ruas jalan untuk menghindari terjadinya macet. Puluhan kendaraan roda dua dan roda empat dari kedua arah terlihat antri sepanjang lebih kurang 500 meter di bawah guyuran hujan lebat.

Kapolres Aceh Selatan AKBP Achmadi SIK melalui Kapolsek Kota Tapaktuan AKP Mustafa mengatakan, arus transportasi di ruas jalan lintasan nasional Tapaktuan – Medan tersebut sudah normal kembali sekitar pukul 24.00 WIB setelah pihaknya meminta bantuan kendaraan alat berat dozer kepada Dinas Pekerjaan Umum Aceh Selatan untuk memindahkan tumpukan bongkahan batu besar di atas badan jalan.

“Meskipun masih sistem buka tutup tapi sekitar pukul 24.00 WIB tersebut ruas jalan sudah normal karena sudah bisa dilewati kendaraan semua jenis. Namun untuk pembersihan keseluruhan tumpukan batu di atas badan jalan. Baru bisa dilakukan pada Minggu pagi karena di samping alat berat dozer yang di kerahkan pada malam ini berukuran kecil sehingga tidak mampu memindahkan batu besar juga faktor hujan deras disertai cuaca gelap,” kata Mustafa.

Pantauan wartawan pada Minggu 26 Februari 2017 pagi, satu unit alat berat dozer berukuran besar yang di kerahkan pihak Dinas Pekerjaan Umum dengan pengawalan beberapa petugas kepolisian Polres Aceh Selatan terlihat sedang memindahkan seluruh tumpukan material batu besar di atas badan jalan.

Hingga Minggu siang pukul 12.20 WIB, para pekerja belum berhasil membersihkan badan jalan yang tertutup batu besar tersebut. Sedangkan untuk memperlancar arus transportasi pihak polisi masih tetap memberlakukan sistem buka tutup.[Hendri Z]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *