,

Lintasan Blangkejeren – Abdya Longsor

Warga Dua Desa Kelaparan

BLANGKEJEREN – Masyarakat Tongra dan Melelang Kecamatan Teragun, Kabupaten Gayo Lues megalami kesulitan mendapatkan makanan akibat jalan penghubung ke daerah tersebut longsor. Sedangkan untuk menuju pusat kecamatan ataupun berjalan kaki ke Abdya jaraknya mencapai puluhan kilometer.

Ahmad salah satu warga Tongra, Selasa, 10 Januari 2017 mengatakan, warga Tongra dan Melelang sudah terkurung akibat longsor selama enam hari, akses jalan dari Gayo Lues menuju Abdya putus total tanpa bisa dilintasi oleh kendaraan roda empat maupun roda dua.

“Di wilayah Gayo Lues saja ada empat titik badan jalan yang longsor dan amblas, kami tidak bisa ke Teragun menaiki kendaraan, begitu juga dari perbatasan Gayo Lue sampai ke Abdya sangat banyak badan jalan yang tidak bisa dilintasi, kami terkurung di sini tanpa bisa membeli makanan, dan kelaparan,” ungkap Ahmad yang mengaku sedang berjalan kaki menuju Kecamatan Teragun membeli beras karena di rumahnya sudah tidak ada beras.

Ia berharap kepada pemerintah agar secepatnya melakukan perbaikan badan jalan yang longsor tersebut supaya warga bisa membeli makanan ke Abdya maupun ke puat Kecamatan Teragun, bila dalam dua hari ini belum juga selesai, maka pemerintah harus segera memberikan bantuan makanan karena warga sudah kehabisan stok logistik.

Kepala BPBD Gayo Lues, Zakaria yang turun langsung ke lokasi jalan putus tersebut megatakan, yang bertanggung jawab melakukan perbaikan badan jalan longsor dan amblas tersebut adalah pihak Provinsi Aceh, sebab, jalan tersebut merupakan jalan lintas milik provinsi yang semua anggaranya ada di Provinsi Aceh.

“Terakhir kami kontek tadi pagi, kata pihak Provinsi Aceh alat beratnya baru bisa turun kelokasi longsor dua hari ke depan, dan ini sangat lambat, kita khawatir harus mengavakuasi warga untuk mendapatkan bahan makanan lagi akibat keterlambatan penanganan ini,” katanya.[Win Porang]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *