,

Limbah Rumah Tangga Mengalir ke Jalan Negara, DLHK Terkesan Tutup Mata

IDI – Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Aceh Timur terkesan tutup mata terhadap kondisi air limbah rumah tangga yang menimbulkan bau busuk mengaliri jalan Negara Banda Aceh –Medan, tepatnya di di kawasan Gampong Jalan, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Sekretaris Desa (Sekdes) Gampong Jalan, Tajul Fajri, Sabtu, 2 Juni 2018, mengatakan, kondisi air peceran atau limbah rumah tangga berwarana hitam dan berbau busuk itu telah berlangsung lama mengaliri jalan Negara kawasan Gampong.

“Lokasinya persis di di samping warung Bakso Atakana, atau sebelah barat RSU Graha Bunda. Kondisi ini sangat mengganggu pengguna jalan, karena percekin air busuk tersebut dapat mengenai pakaian pengguna jalan,” kata Tajul Fajri.

Tajul Fajri berharap kepada pihak DLHK Kabupaten Aceh Timur untuk segera mengatasi kondisi limbah rumah tangga yang mengaliri jalan lintas Banda Aceh-Medan.

“Seharusnya Pemerintah Aceh Timur yang notabenennya selalu mengampanyekan penegakan syariat Islam, harus mengutamakan kebersihan, lingkungan dalam wilayah Ibukota Kabupaten Aceh Timur. Bayangkan jika air peceran itu terkena baju pengendera tentunya baju tersebut tidak dapat digunakan lagi untuk salat karena terkena percikan air kotor, apalagi ini bulan Ramadhan , banyak jamaah salat tarwaih yang lalu lalang kawasan tersebut,” uajar Tajul.

Tajul mengharapkan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Aceh Timur, untuk segera melakukan upaya antisipasi, sehingga air limbah rumah tangga di daerah itu tidak mengalir ke Jalan lintas antar provinsi.

“Malu kita masyarakat Aceh Timur, kondisi ini selalu di lihat oleh masyarakat kabupaten lainnya yang melintas di daerah itu. Harapan kita Pemerintah Aveh Timur segera melakukan upaya penggalian paret agar limbah rumah tangga jangan mengalir ke jalan Negara,” demikian harap Tajul Fajri.[II]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *