,

Lima Joki Gayo Lues Juara di Pacuan Kuda HUT Aceh Tengah

TAKENGON – Lima joki kuda asal Gayo Lues berhasil meraih juara pada pacuan kuda tradisional HUT Aceh Tengah ke-439 di Takengon. Namun para joki asal negeri seribu bukit tersebut gagal merebut juara umum karena kurang jumlah kuda yang masuk final.

Noval pemilik kuda Juro Trapena asal Kabupaten Gayo Lues yang mendapat juara satu, Senin, 29 Februari 2016 mengatakan, jumlah kuda yang dibawa ke Aceh Tengah untuk bertanding hanya 40 ekor, sementara kuda asal Kabupaten Aceh Tengah mencapai 200 ekor, dan dari Kabupaten Bener Meriah mencapai 109 ekor kuda. “Kita masih kekurangan jumlah kuda yang berkualitas, sehingga sangat sulit mendapatkan juara umum ,” jelasnya.

Kelima kuda yang mendapatkan juara pada babak final di Takengon adalah Juro Trapena mendapat juara satu milik Noval SP, Kuda Apolo Telintang milik Aman Ema juara dua, Kuda Brayam milik Irmawan anggota DPR RI juara dua, Kuda Jaring Alus milik Tamrin juara tiga, dan kuda Putra Gao milik Teguh mendapat juara empat.

“Sebelumnya ada peluang beberapa kuda lagi masuk final, namun gagal disebabkan beberapa faktor, seperti kuda pal Maliki Kepala Dinas Pengairan yang terjatuh, dan kuda pak Jata Kadis DPKD naik kelas, sehingga tidak berhasil mendapatkan juara karna lawanya sangat tangguh,” ujarnya.

Ia berharap Pemkab Gayo Lues bisa memperbanyak induk kuda dan mengawinkan dengan pejantan yang berkualitas, sehingga jumlah kuda bertambah, dan bisa memenangkan setiap ada acara perlombaan pacuan kuda tradisional.

Selama ini, harga kuda di Gayo Lues relatif tinggi, dan masyarakat biasa sangat jarang bisa membeli kuda untuk dijadikan induk. Satu ekor kuda di Gayo Lues dibandrol dengan harga Rp 25 juta hingga Rp 50 juta bagi kuda yang sudah menang lomba.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *