,

Lebih 217 Ribu Orang Menganggur di Aceh

BLANGKEJEREN – Angka pengangguran di Aceh setiap tahun terus meningkat. Badan Pusat Statistik (BPS) menempatkan Aceh sebagai provinsi dengan tingkat pengangguran terbuka tertinggi ke-5 secara nasional, yakni 8,38 persen. Jumlah pengangguran di Aceh mencapai 217.000 orang pada 2015, naik 26.000 orang dari tahun sebelumnya.

Pengangguran di Aceh tersebar di setiap daerah tingkat dua. Pemerintah diharapkan bisa menciptakan lapangan kerja untuk menekan tingginya angka pengangguran. “Saya sudah tiga tahun lulus D3 keperawatan, hingga kini belum dapat kerja meski sudah berusaha maksimal. Setelah lulus kini saya jadi pengangguran kelas berat,” keluh Aini, warga Blangkejeren, Gayo Lues, Kamis, 4 Februari 2016.

Menurut Aini, di Gayo Lues banyak lulusan keperawatan dan kebidanan yang menganggur, hal itu disebabkan hanya Rumah Sakit dan Puskesmas Pemkab Gayo Lues yang tersedia, sedangkan rumah sakit swasta belum ada.

“Kan tidak mungkin kami kuliah perawat harus menanam serai wangi sampai tua untuk memenuhi kebutuhan hidup, seharusnya pemerintah memikirkan cara untuk menciptakan lapangan kerja,” harapnya.[Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *