,

Kuota Haji Aceh Tenggara hanya 66 Orang

KUTACANE – Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Republik Indonesia, hanya menyetuji 66 orang jamaah untuk kuota haji 1437 H bagi Kabupaten Aceh Tenggara.

Hal itu diungkapkan Kasi Haji da Umrah Kemenag Kutacane, Amon Yadi, Selasa, 24 Mei 2016. “Haya 66 jamaah yang disetujui, mereka tergabung dalam embarkasi Aceh. Ke-66 jamaah harus melunasi biaya haji Rp 31.117.461, lebih rendah dibanding tahun lalu,” jelasnya.

Para jamaah tersebut, akan diberangkatkan pada Agustus 2016. Sebelumnya mereka diharuskan mengikuti berbagai persiapan, seperti manasik, pelatihan, tes kesehatan dan lain sebagainya. Sementara soal Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sepenuhnya wewenang Bupati untuk diteruskan ke Gubernur Aceh juga di-SK-kan.

“Kuota haji untuk Aceh Tenggara sangat kecil, sementara masyarakat yang ingin berhaji banyak. Sekarang waiting list mencapai 25 tahun. Jadi kalau daftar tahun ini, baru bisa berangkat 25 tahun yang akan datang,” ungkapnya.

Karena itu Amon Yadi berharap, Pemkab Aceh Tenggara dan Pemerintah Aceh bisa mengupayakan penambahan kuota haji untuk Aceh dan kabupaten/kota di Aceh.[RH]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *