,

Kualitas Minyak Serai Wangi Gayo Lues Menurun

BLANGKEJEREN – Agen penampung minyak serai wangi di Kabupaten Gayo Lues menemukan indikasi ada campuran minyak serai wangi yang bisa mengurangi kualitas minyak. Hal itu diketahui setelah dilakukan uji laboratorium.

Roni salah satu agen penampung minyak serai wangi di Blangkejeren, Selasa, 14 Juni 2016 mengatakan, uji kadar minyak serai wangi itu dilakukan oleh agen besar di luar Aceh.

“Kami juga tidak tahu entah minyak apa yang ada dalam minyak serai itu, bisa jadi minyak ilalang yang ada di kebun warga, dan disuling bersamaan dengan serai wangi, hal ini akan mempengaruhi harga pasar nantinya kalau tidak segera dicegah,” katanya.

Kepada petani serai wangi, Roni berharap agar warga mementingkan kualitas minyak supaya keberlangsungan pembeli dari tahun ke tahun tetap ada, sedangkan jika kualitas buruk, harga minyak serai bisa jadi turun setiap saat.

“Kepada Dinas Kehutanan dan Perkebunan kita harapkan agar memberikan penyuluhan kepada masyarakat petani serai wangi, sehingga warga paham bila ada campuran masuk ke dalam sere wangi akan menurunkan kualitas minyak dan bisa berakibat fatal terhadap penjualan keluar negeri,” pinta Roni.

Saat ini kata Roni, harga minyak serai wangi yang dibelinya dari masyarakat mencapai Rp 168 ribu hingga Rp 170 ribu per kilo gram. Harga sangat bergantung dengan jumlah minyak yang dijual warga dan kualitasnya. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *