,

KTP Dukungan Pasangan Zaini–Nasaruddin Banyak tak Memenuhi Syarat

TEROPONGACEH.COM | TAPAKTUAN – Hampir 50 persen KTP dukungan bakal calon gubernur di Aceh Selatan tidak memenuhi syarat. Dari 33.587 KTP dukungan yang diverifikasi Komisi Independen Pemilihan (KIP), 16.000 diantaranya tidak memenuhi syarat.

Modusnya beragam, mulai dari penggunaan KTP orang telah meninggal dunia, dukungan ganda (double), penggunaan dukungan KTP PNS dan penyelenggara pemilu sampai pelanggaran dalam bentuk pemalsuan surat dukungan.
 
Hal itu diungkapkan  salah satu komisioner KIP Aceh Selatan, Saiful, Rabu, 14 September 2016. Ia mengungkapkan, dari tiga pasangan balon independen tersebut, pasangan Zaini Abdullah – Nasruddin menempati urutan paling banyak dukungan KTP yang tidak memenuhi syarat yakni dari 21.217 dukungan KTP pasangan tersebut yang diterima KIP Aceh Selatan hanya sebanyak 12.566 yang memenuhi syarat sedangkan yang tidak memenuhi syarat mencapai 8.651 lembar.
 
Selanjutnya diurutan kedua ditempati oleh pasangan Zakaria Saman – Alaidinsyah yakni dari sebanyak 7.301 dukungan KTP yang diterima KIP Aceh Selatan hanya sebanyak 2.124 yang dinyatakan memenuhi syarat sedangkan 5.177 lembar lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat.
 
Terakhir pasangan Abdullah Puteh – Sayed Mustafa Usab dari sebanyak 4.143 dukungan KTP yang diterima KIP Aceh Selatan hanya sebanyak 1.971 lembar dukungan KTP yang dinyatakan memenuhi syarat sedangkan 2.172 lembar KTP lainnya dinyatakan tidak memenuhi syarat.
 
Saiful, proses verifikasi faktual yang melibatkan langsung 260 Panitia Pemungutan Suara (PPS) serta 18 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah selesai dilaksanakan pada tanggal 6 September 2016 lalu serta hasilnya juga telah selesai diplenokan pada Minggu (11/9) bertempat di aula Diklat BKPP, Tapaktuan.
 
“Rapat pleno ini selain dihadiri seluruh komisioner KIP Aceh Selatan dan seluruh petugas PPK di 18 kecamatan, juga dihadiri seluruh komisioner panitia pengawas pemilihan (Panwaslih). Namun dari saksi pasangan balon Gubernur dan Wakil Gubernur, hanya saksi pasangan balon Zaini Abdullah – Nasruddin yang tampak hadir,” kata Saiful.
 
Menurut dia, banyaknya ditemukan dukungan KTP pasangan balon yang tidak memenuhi syarat disebabkan karena saat dilakukan proses verifikasi faktual di lapangan oleh petugas dari PPS, cukup banyak ditemukan pelanggaran sehingga mengakibatkan dukungan KTP dimaksud harus dianulir oleh pihak petugas.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *