,

KPU Evaluasi Kinerja Instansi Pemerintah di KIP Aceh

BANDA ACEH – Inspektorat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar rapat evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah pada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dan KIP Kabupaten/Kota Tahun 2017 di Hotel Mekkah, Banda Aceh, Rabu 19 September 2018.

Materi evaluasi meliputi perencanaan kinerja (30%), Pengukuran Kinerja (20%), Pelaporan Kinerja (15%), Evaluasi Internal (10%), dan Capaian Kinerja (20%). Rapat diisi dengan agenda penyampaian materi dan evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) oleh Rudolf Gultom, Auditor Muda Inspektorat KPU RI, Herry Wisata Setiawan, Staf Fungsional Inspektorat KPU RI dan Ira Dwinoviasari dari KPU RI. Rapat dihadiri oleh Sekretaris, Kasubbag Program dan Data, dan staf yang membidangi LAKIP dari KIP Aceh dan KIP Kab/Kota di Aceh.

Sekretaris KIP Aceh, Darmansyah mengatakan kegiatan tersebut sebagai implementasi dari Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Juga sebagai tindak lanjut rekomendasi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui surat nomor B/3934/M.PANRB/12/2015 Tanggal 11 Desember 2015 Perihal Hasil Evaluasi atas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Akuntabilitas kinerja yang dimaksud termasuk peningkatan dalam hal perencanaan, pengukuran kinerja, dan pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja. “Sehingga diperlukan untuk melakukan rapat evaluasi ini,” kata Darmansyah.

Kepala Bagian Program dan Data KIP Aceh, Nasruddin Hasan mengatakan rapat akuntabilitas hari ini adalah tanggungjawab pegawai sebagai pelaksana dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah, “baik sebagai sekretaris, kasubbag, maupun SDM” katanya.[rls]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *