,

KPH dan Masyarakat Panton Luas Kelola 500 Ha Hutan Lindung

TAPAKTUAN – Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) wilayah VI Subulussalam bersama masyarakat Gampong Panton Luas, Kecamatan Tapaktuan, bekerja sama mengelola kawasan hutan lindung seluas 500 hektar lebih di desa tersebut.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Kepala KPH wilayah VI Subulussalam, Irwandi Pante dengan Keuchik Gampong Panton Luas di Kantor Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Tapaktuan, Senin, 15 Oktober 2018.

penandatagnan kerja sama disaksikan langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Selatan, Emmifizal bersama pejabat dari Dinas Lingkungan Hidup, pejabat dari Dinas Pertanian, Camat Tapaktuan, Mukim Hulu dan Mukim Hilir, Kepala BKPH Tapaktuan Ajrul SH dan Kepala BKPH Bakongan Kaspudin, serta 8 kepala Resort Pengelolaan Hutan (RPH).

Kepala KPH wilayah VI Subulussalam, Irwandi Pante menjelaskan, Panton Luas, Kecamatan Tapaktuan merupakan gampong perdana yang telah menjalin kerja sama pengelolaan perhutanan sosial dengan pihaknya. Selain Panton Luas, ada sebanyak 25 gampong lagi dalam Kabupaten Aceh Selatan yang wilayahnya masuk ke dalam kawasan hutan lindung akan menjalin kerja sama serupa.

“Dasar jalinan kerja sama ini dibuat adalah menindaklanjuti permohonan yang diajukan oleh masyarakat. Sedangkan sistem pelaksanaannya merujuk kepada Qanun Aceh Nomor : 7 Tahun 2016,” jelas Irwandi Pante.

Pihaknya, lanjut Irwandi, hanya melakukan proses pendampingan dan pembinaan. Yang mengelola kawasan perhutanan sosial tersebut mutlak kewenangannya masyarakat setempat.

Dengan telah adanya izin mengelola kawasan perhutanan sosial tersebut, masyarakat Gampong Panton Luas dapat menanam berbagai jenis tanaman produksi di dalamnya, hasilnya nanti dapat dinikmati langsung oleh masyarakat setempat untuk meningkatkan perekonomiannya.

“Karena telah ada izin, pihak pemerintah pun bisa menyalurkan berbagai jenis bibit tanaman produksi kepada masyarakat Panton Luas. Lokasi tersebut juga dapat dijadikan kawasan wisata alam oleh pihak pemerintah,” paparnya.

Ia menambahkan, untuk tahap awal jangka waktu perjanjian kerja sama pengelolaan kawasan perhutanan sosial dengan masyarakat Gampong Panton Luas, Kecamatan Tapaktuan tersebut akan berlangsung selama 10 tahun. Setelah jangka waktu selesai, program itu akan dievaluasi secara untuk diambil keputusan selanjutnya.

Selain pengelolaan kawasan perhutanan sosial, KPH wilayah VI Subulussalam juga telah berhasil membangun kerja sama pengelolaan kawasan hutan kemasyarakatan di Kecamatan Kluet Timur dan Kecamatan Kluet Tengah.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *