,

Kordinator Tim Pemantau Otsus Aceh Dukung Aceh Tengah Bangun Agro Techno Park

TAKENGON – Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI, H Firmandez sangat mendukung keinginan Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar untuk membangun agro techno park di daerah dataran tinggi tersebut. Keinginan itu disampaikan Shabela usai dilantik oleh Gubernur Irwandi Yusuf, Kamis, 28 Desember 2017 di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon.

H Firmandez yang juga anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini menilai, Aceh Tengah sebagai daerah penghasil specialty coffee harus dikembangkan ke arah lebih maju. Perkebunan kopi tidak lagi dikelola secara konvensional, tapi diarahkan ke sektor industri.

“Kita dukung ini, harus ada pengembangan ke sektor industri dan agrowisata, agro techno park dan jadi tempat penelitian kopi. Ini penting untuk membuat gaung kopi Gayo di tingkat nasional dan internasional lebih menggema. Apalagi Bandara Rambele di Bener Meriah sedang dibangun terminal kargo. Ini angat mendukung,” lanjut H Firmandez.

Namun untuk menuju ke sana, kata H Firmandez, Pemkab Aceh Tengah harus terlebih dahulu melakukan pembenahan infrastruktur, karena tanpa infrastruktur yang baik, upaya itu tak akan berjalan maksimal.

“Saya di Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan telah mengupayakan ini. Dalam tahun 2018 semua rusa jalan lintas Bireuen – Takengon diupayakan standar nasional, pembangunan jembatan di kelol Enang-Enang juga sudah diprogramkan di kementerian. Ini akan terus kita dorong agar terwujudnya konektivitas antara Aceh pesisir dengan Aceh bagian Tengah terbangun dengan baik,” tegas H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, infrastruktur jalan yang baik akan berdampak pada meningkatnya intensitas interaksi sosial dan pertumbuhan ekonomi daerah, baik disektor perkebunan maupun pariwisata.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *