,

Kopi Arabika Gayo Termahal Ketiga di Dunia

BLANGKEJEREN – Kopi arabika Gayo kini menjadi salah satu jenis specialtu coffee yang mendominasi perdagangan kopi dunia. Harga kopi arabika Gayo telah menjadi yang termahal ketiga di dunia.

Hal itu diungkapkan Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru, Jumat, 27 April 2018 yang baru kembali dari pameran Global Specialty Coffee Expo (GSCE) 2018 yang digelar di Amerika Serikat.

“Saat ini kebutuhan dunia akan kopi Gayo tidak sebanding dengan hasil yang mampu diproduksi masyarakat. Salah satu solusinya adalah memperluas perkebunan kopi, agar kebutuhan pasar dunia bisa terpenuhi,” jelasnya.

Soal harga pasar kata Amru, harga kopi gayo Arabika sangat menjanjikan, bahkan menjadi yang termahal ketiga di dunia. Untuk meningkatkan produksi kopi arabika Gayo, Amru mengaku sudah memprogramkan pembuatan bank bibit kopi.

“Artinya, kapan saja masyarakat membutuhkan bibit kopi, akan selalu tersedia. Masyarakat yang punya lahan akan kita bantu bibitnya, tapi tentu setelah kita cek dengan benar, agar bantuan bibit itu tidak salah sasaran,” lanjut Amru.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *