,

Kontingen Porseni Aceh Selatan Raih Enam Medali

TAKENGON – Hingga hari keempat berlangsungnya Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) ke XV Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, kontingen dari Kabupaten Aceh Selatan sudah berhasil meraih enam medali dari berbagai cabang olah raga yang berbeda masing-masing 2 medali emas, 2 medali perak dan 2 perunggu.

Ketua Kontingen Aceh Selatan, Bukhari saat dihubungi dari Tapaktuan, Minggu, 7 Agustus 2016 menginformasikan bahwa, dari 6 medali yang diperoleh, 2 medali emas digondol oleh atlet putri asal Kecamatan Meukek.

“Keberhasilan ini sekaligus mengangkat derajat dan keharuman nama daerah. Sejumlah perlombaan dan cabang olahraga (cabor) masih berpeluang untuk diraih kemenangan karena peserta kita sudah lolos ke babak final,” kata Bukhari.

Dia menyebutkan, dua medali emas masing-masing diraih oleh atlet putri bernama Walia siswi Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Meukek pada Cabang MTQ tingkat Madrasah Aliyah (MA) putri. Sementara pada Cabang MTQ tingkat Madrasah Ibtadaiyah (MI) putri diperoleh Nonong Rosmita siswi MIN Ladang Tuha, Meukek.

Selanjutnya, dua medali perak masing-masing pada cabang Hafalan Quran 5 Juz MI putri diraih oleh Dewi Sal Sabila Putri Rahayu siswi MIN Tapaktuan dan Cabang Madrasah Singer MA putri diraih oleh Nurhayani siswi MAN Unggul Tapaktuan.

Kemudian, Leni Marlina siswi MAS Darul Aitami berhasil meraih medali perunggu pada cabang Qira’atul Kutub MA putri. Satu perunggu lagi direbut Fitri Atina siswi MAS Ashabul Yamin Bakongan pada cabang cipta puisi kandungan Alquran tingkat MA putri.

Informasi prestasi lainnya juga disampaikan sekretaris panitia Porseni Aceh Selatan, Muhibuddin. Menurut dia, selain enam medali masih ada sejumlah perlombaan dan cabor lain yang masih berpeluang melaju ke babak final. Potensi ini tidak terlepas dari kerjasama dan doa seluruh mayarakat.

“Saat ini yang sudah meluncur ke babak final adalah pidato bahasa Arab 3 perwakilan. Pidato bahasa Indonesia 2 perwakilan, Cabang Syahil Quran, Tenis meja 1, bulutangkis dan atletik masing-masing satu orang. Semoga Allah merestui kita memperoleh medali sebanyak-banyaknya,” tandas Muhibuddin.

Sebelumnya, Ketua Kontingen Porseni Aceh Selatan, Bukhari melaporkan bahwa setelah melewati berbagai rintangan sejumlah peserta Aceh Selatan sukses melaju ke final. Sejak Porseni XV dimulai tanggal 3 Agustus 2016 kemarin, hingga hari ke tiga, delapan peserta sudah lolos ke babak final.

Dia menyampaikan, kategori perlombaan yang melaju ke final masing-masing adalah Fahmil Quran tingkat Madrasah Aliyah (MA) putra-putri. Hafalan Quran 5 juz putri Madrasah Ibtadaiyah (MI), MTQ putri (MI), MTQ putri (MA), Quratul kutub (MA), Madrasah Singer (MA) dan Pidato bahasa Indonesia (MI).

Sedangkan pada Cabang Olah Raga (Cabor), lima nomor Atletik sukses melaju ke final. Sementara Cabor lain masih dibabak penyisihan, kecuali Volly Ball tingkat MA sedang diperempat final.

“Mudah-mudahan putra-putri kita bisa sukses meraih prestasi di Porseni Aceh ke XV ini,” imbuhnya seraya menginformasikan event lokal bertaraf nasional ini akan berakhir tanggal 9 Agustus 2016. [Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *