,

Komisi VIII DPR RI Pilih 5 Dewan Pengawas BPKH

JAKARTA – Komisi VII DPR RI berhasil memilih anggota Dewan Pengawas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dari unsur masyarakat, Rabu, 26 April 2017. Dari 10 nama yang diajukan Presiden ke DPR-RI, dipilih 5 orang.

Anggota Komisi VIII DPR RI, H Firmandez menjelaskan, sebelumnya panitia kerja (Panja) penjaringan menyeleksi beberapa nama, 10 nama hasil seleksi Panja diserahkan ke pemerintah. Oleh presiden nama-nama tersebut kemudian diserahkan ke DPR RI melalui Komisi VIII untuk diuji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

“Alhamdulillah kami di Komisi VIII hari ini telah selesai melakukan fir and proper test. Mudah-mudahan besok, Kamis, 27 April 2017 bisa ditetapkan melalui sidang paripurna. Menariknya, pemilihan tidak dilakukan melalui voting, tapi melalui mekanisme musyawarah, jadi musyawarah lebih kita tonjolkan,” jelas politisi Golkar asal Aceh tersebut.

Lebih lanjut Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar ini melanjutkan, kelima nama yang lulus fit and proper test tersebut adalah Dr Abd Hamid Padu MA, Dr Muhammad Ahyar Adnan, Dr KH Marsudi Syuhud, Suhaji Lestiadi, dan Dr Yuslam Fauzi.

Selain itu lanjut H Firmandez, BPKH merupakan badan baru amanah dari undang-undang RI nomor 34 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan haji yang mengharuskan adanya pemisahan fungsi antara penyelenggaraan ibadah haji dengan pengelolaan keuangannya.

“Kita berharap dengan keberadaan Dewan Pengawas BPKH ini dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji, secara profesional, transparan dan akuntabel dengan prinsip-prinsip syariah,” harap Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh tersebut.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *