,

Komisi V Minta Pemerintah Bentuk Tim Ahli Terkait Runtuhnya Jembatan Tanipah

BANJARMASIN – Pemerintah diminta untuk segera membentuk tim ahli guna mengetahui penyebab runtuhnya jembatan Tanipah di Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan pada 17 Agustus 2017 pekan lalu.

Permintaan itu disampaikan Ketua Komisi V DPR RI, Fary Djemy Francis saat melakukan kunjungan kerja (kunker) spesifik ke Tanipah bersama beberata anggota Komisi V dan pejabat kementerian terkait.

Anggota Komisi V DPR RI, H Firmandez yang ikut dalam kunker spesifik tersebut mengungkapkan, tim dari komisi yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan itu berangkat ke Kalimantan Selatan pada 24 Agustus 2017 dan berada di sana hingga tanggal 26 Agustus 2017.

“Kunker spesifik ini untuk mendalami mendalami penyebab dan mencari solusi atas runtuhnya jembatan tersebut, demi meningkatkan keselamatan, kenyamanan dan pelayanan kepada masyarakat,” jelas H Firmandez.

Karena itu lanjut H Firmandez, pemerintah diminta agar secepatnya menetapan penilai ahli untuk mengetahui penyebab dan menetapkan pihak yang bertanggungjawab atas runtuhnya jembatan Tanipah tersebut.

“Kami dari Komisi V berharap agar penyelenggaraan jasa konstruksi, baik yang dilakukan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, dapat mewujudkan bangunan yang berfungsi sebagai sarana pendukung aktivitas sosial ekonomi masyarakat dan menunjang terwujudnya tujuan pembangunan nasional, serta mampu menciptakan keselamatan dan kenyamanan masyarakat,” lanjut politisi Golkar asal daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 tersebut.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Golkar Bidang Maritim ini menegaskan, hasil kunker spesifik Tanipah nantinya akan dilaporkan dalam rapat komisi dan dijadikan bahan pembahasan dalam Rapat Kerja (Raker) dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan kementerian dan lembaga terkait.

Tim dari Komisi V DPR RI yang ikut dalam kunker spesifik itu terdiri dari: Fary Djemy Francis (Ketua Komisi V/Ketua Tim), H Firmandez, Hj Agati Sulie Mahyudin, Hj Novita Wijayanti, H A Bakrie HM, H Abdullatif Hanafiah, dan Sahat Silaban.

Selain itu juga ahdir Direktur Jembatan Dirjen Bina Marga, Iwan Zarkasih dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XI Banjarmasin, Sugiyartono, serta dua pejabat SAR Banjarmasin Diantara Bangun dan Abram B Kolimon. Selain itu juga hadir Bupati Barito Kuala, Hasanuddin Murad bersama para Kepala SKPD se-Kabupaten Barito Kuala[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *