,

Komisi V DPR RI Dukung Normalisasi Sungai di Aceh Tenggara

KUTACANE – Komisi V DPR RI mendukung dilakukan normalisasi sungai secara besar-besaran di Kabupaten Aceh Tenggara untuk menyelamatkan ribuan hektar lahan masyarakat dari abrasi.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi V DPR RI, Ir Fahri Denis Francise, ketika mengunjungi Aceh Tenggara beberapa waktu lalu bersama empat anggota Komisi V DPR RI, Yudiana (Partai PKS), Restuwati (PDIP), Salim Fakhri (Golkar), Agung Budi Santoso (Partai Demokrat), dan Suhartono (Nasdem).

“Data yang kami terima dan hasil pantauan langsung ke daerah, saat ini sedikitanya ada sekitar 3000 Ha lahan yang tergerus akibat abrasi dua sungai yakni sungai Lawe Bulan dan Lawe alas,” kata Politisi Partai Gerindra ini.

Bila tidak dilakukan normalisasi, dikhawatirkan akan mengancam pemukiman masyarakat di delapan desa sekitar daerah aliran sungai tersebut. Fahri menambahkan, pada tahun 2015 lalu telah daalokasikan dana normalisasi sungai.

“Ternyata hasil pantauan kita langsung ke daerah itu, belum apa-apa dana tersebut guna menyelematkan lahan masyarakat. Untuk tahun 2016 ini kita memprioritaskan sejumlah titik abrasi sungai yang sifatnya urgent saja, yang diperhitungkan mencapai 1, 5 kilometer, dan akan kita alokasikan dari APBN-Perubahan tahun ini, termasuk sejumlah usulan pembangunan jembatan dan jalan akan kita coba cover,” ujarnya.[RH]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *