,

Klarifikasi H Firmandez Terkait Dana Perjalan Luar Negeri

BANDA ACEH – Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) yang kini menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), H Firmandez menyayangkan kini muncul persoalan utang dana perjalanan ke luar negeri semasa dirinya masih di DPRA.

Pasalnya, perjalanan dinas anggota DPRA ke luar negeri tersebut sudah berlangsung sekitar lima tahun yang lalu, saat dirinya menjadi anggota Komisi D DPRA. Tiba-tiba hal tersebut kini dipermasalahkan oleh pihak tertentu.

“Aneh kok baru sekarang itu jadi utang, itu sudah lima tahun yang lalu. Sebelumnya saya tidak pernah menerima pemberitahuan secara tertulis bahwa dana perjalanan ke luar negeri itu menjadi utang pribadi anggota DPRA,” ungkapnya.

Meski demikian kata H Firmandez, untuk memastikan hal tersebut, dirinya sudah mengirim utusan ke Komisi D dan Sekretariat Dewan (Setwan) DPRA untuk melakukan pengecekan.

“Seingat saya, saya tidak pernah menandatangani amparah dana, saya juga tidak dibertahukan kalau perjalanan ke luar negeri tersebut tidak direstui Menteri Dalam Negeri (Mendagri), kenapa setelah lima tahun baru sekarang hal itu muncul?” tanya H Firmandez.

H Firmandez melanjutkan, sepulangnya dari perjalanan dinas ke luar negeri bersama para anggota DPRA tersebut, tak lama kemudian dirinya mengundurkan diri dari anggota DPRA, karena maju menjadi calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Golkar.

“Setahun sebelum masa jabatan saya di DPRA habis, saya sudah mundur dan kemudian oleh Partai PKPI dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) karena saya maju jadi Caleg DPR RI melalui Partai Golkar. Seandainya itu bermasalah, kenapa saat itu tidak diberitahukan kepada saya, kenapa baru sekarang setelah lima tahun berlalu?” tanya H Firmandez kembali.

Meski demikian kata H Firmandez, pihaknya akan melakukan penelusuran ke Sekwan dan Komisi D DPRA untuk mendapatkan kejelasan. Seandainya itu kini dianggap menjadi utang pribadi maka akan diselesaikan.

“Ini tahun politik, tahun pileg dan pilpres, ada pihak-pihak yang ingin memojokkan saya, sekecil apa pun persoalannya akan diungkit, termasuk hal ini yang sudah lima tahun berlalu peristiwanya,” pungkas H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *