,

KIP Perketat Pengamanan Surat Suara

BLANGKEJEREN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Gayo Lues memperketat pengamanan surat suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 15 Februari 2017. Surat suara untuk pemilhan Gubernur/Wakil Gubernur Aceh dan Bupati/Wakil Bupati Gayo Lues sudah tiba di Blangkejeren pada Minggu sore, 22 Januari 2017.

Sekretaris KIP Gayo Lues, Rajab, Senin, 23 Januari 2017 mengatakan, jumlah surat suara untuk pemilihan Gubenrur/Wakil Gubernur yang tida di Gayo Lues berjumlah 67.128 surat. Dari jumlah itu sudah termasuk 2.000 surat suara cadangan (2,5 persen).

“Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Kabupaten Gayo Lues berjumlah 63.529 orang, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) 245 dari 145 desa yang berada di 11 Kecamatan, dan semuanya akan dibagi dan dikirimkan surat suaranya dari kantor KIP Gayo Lues, makanya untuk saat ini tidak boleh sembarangan orang masuk ke lokasi penyimpanan,” katanya.

Rajab melanjutkan, kunci penyimpanan surat suara dipegang oleh tiga pihak, yaitu KIP, Panwaslu, dan pihak kepolisian, siapapun yang hendak masuk ke ruangan tersebut harus melalui persetujuan ketiga pihak tersebut. “Dalam waktu dekat akan kita lakukan proses pelipatan surat suara, baru bisa dibagikan ke seluruh TPS,” jelasnya.[Win Porang]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *