,

KIP Gayo Lues Wacanakan Penggabungan Dapil

BLANGKEJEREN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Gayo Lues mewacanakan penggabungan daerah pemilihan (dapil) pada pilkada mendatang. Pasalnya, selama ini berdasarkan jumlah pemilih, satu kecamatan hanya mampu mengirim satu anggota legislatif ke dewan.

Ketua KIP Gayo Lues Alfin Anhar dalam rapat kerja penataan dapil dan alokasi kursi, Kamis, 21 Desember 2017 di gedung SKB Blangkejeren mengungkapkan, dari 11 kecamatan yang ada di Gayo Lues hanya Kecamatan Blangkejeren yang mampu mengusung enam kursi anggota Dewan, sedangkan kecamatan lainya hanya satu kursi saja. “Untuk itu kita harus mengabungkan kecamatan dengan kecamatan menjadi satu dapil guna memenuhi kuota,” katanya.

Berdasarkan tabel penghitungan KIP Gayo Lues, penggabungan dapil tersebut adalah: dapil I meliputi Kecamatan Blangkejeren, Putri Betung, dan Blangpegayon dengan jumlah sembilan kursi, dapil II meliputi Kecamata Kutapanjang, Blangjeranggo, Terangun, dan Tripe Jaya dengan jumlah tujuh kursi, dan dapil III meliputi Kecamatan Rikit Gaib, Pantan Cuaca, Dabun Gelang, dan Pining dengan jumlah empat kursi.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *