,

KIP Gayo Lues Sosialisasi Pilkada Serentak

BLANGKEJEREN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Gayo Lues, Selasa, 26 Juli 2016 menggelar sosialisasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Bale Meusara, Blangkejeren. Sosialisasi diikuti 105 peserta dari berbagai kalangan.

Ketua KIP Gayo Lues, Alfin Anhar menjelaskan, ketentuan Pemilihan Gubenur dan Bupati diatur dalam Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada yang menetapkan, Pengawai Negeri Sipil (PNS), Anggota DPR, TNI, Polri, BUMN, pegawai BUMD, dan Kepala Desa harus mengundurkan diri setelah ditetapkan sebagai calon Gubenur, Wakil Gubenur, Bupati dan Wakil Bupati. “Mantan narapidana juga dibolehkan mencalonkan diri,” jelasnya.

Selain itu, Alfin Anhar juga mengatakan jika nantinya hanya satu pasangan saja yang mendaptar atau memenuhi syarat, maka Pilkada akan tetap berlanjut. Khusus untuk Gayo Lues, Pilkada serentak memilih kepala daerah akan berlangsung pada 2017 mendatang, dan berakhir masa jabatanya tahun 2022 nantinya, setelah itu, proses Pilkada serentak akan dilakukan pada tahun 2024.

“Sejak tahun 2022 hingga 2024, itu Pejabat Gubenur, Wakil Gubenur, Bupati dan Wakil Bupati akan ditunjuk selama proses menunggu berlangsungnya Pilkada pada 2024 nantinya,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Gayo Lues H Adam SE yang membuka acar tersebut mengatakan sosialisasi pilkada sangat penting karena menyangkut pesta demokrasi pemilihan kepala daerah.

“Setelah sosialisasi ini, kita harap masyarakat bisa mempersiapkan diri untuk memilih pemimpin baru, baik itu Gubenur, Wakil Gubenur, dan Bupati, Wakil Bupati Gayo Lues,” katanya seraya berharap agar Pilkada mendatang bisa berjalan dengan aman, damai, tertip dan sukses.

Sementara Kapolres Gayo Lues melalui Kabag Oops Kompol Suprapto berharap kepada seluruh peserta dapat mengikuti dengan baik sosialisasi tersebut, sehingga bisa dijadikan pedoman pada Pilkada mendatang.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *