,

KIP Diminta Transparan Kelola Anggaran Pilkada

TAPAKTUAN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan diminta transparan dalam mengelola dana pemilihan kepala daerah (Pilkada). Permintaan itu disampaikan Muhammad Nasir dari LSM Kajian dan Advokasi Hukum (LSM KAuM).

“Kami meminta kepada KIP Aceh Selatan agar mempublikasikan secara transparan setiap pengajuan anggaran serta dalam pengelolaan anggaran Pilkada baik yang bersumber dari APBK, APBA maupun APBN. Hal itu sesuai dengan Undang-undang keterbukaan informasi publik serta untuk mewujudkan agar pelaksanaan Pilkada ke depannya semakin berkualitas terbebas dari korupsi dan intervensi pihak tertentu,” harapnya, Selasa, 11 April 2017.

Muhammad Nasir juga berharap KIP Aceh Selatan harus membuka secara terang benderang dalam pengelolaan anggaran Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh tahun 2017 lalu sebesar Rp 2,6 milliar.

Apalagi, kata dia, saat ini sudah menjelang bakal berlangsungnya Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan tahun 2018. Kondisi itu tentu saja mengharuskan pihak KIP segera mengusulkan kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada.

“Usulan anggara untuk Pilkada Bupati tersebut kami harapkan harus diajukan secara transparan, proporsional dan efisien berdasarkan aturan perundang_undangan yang berlaku. Bila perlu setelah usulan anggaran itu di setujui oleh Pemkab dan DPRK Aceh Selatan, pihak KIP harus menggelar konfrensi pers dengan rekan – rekan wartawan,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Divisi Logistik dan Keuangan KIP Aceh Selatan, Saiful Bismi mengatakan pihaknya siap mempublikasikan secara transparan setiap pengusulan dan pengelolaan anggaran pilkada, baik untuk anggaran Pilkada Gubernur 2017 maupun anggaran Pilkada Bupati Aceh Selatan 2018.

“Kami sepakat dan mendukung penuh permintaan kawan – kawan LSM tersebut, apalagi hal itu telah diatur dalam undang undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Karena jika kami tidak menjalankan aturan tersebut maka sama saja dengan melanggar undang – undang,” tegasnya.

Saiful berharap kepada seluruh elemen masyarakat agar memantau setiap pelaksanakan tahapan Pilkada Bupati Aceh Selatan 2018 mendatang yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini termasuk dalam pengelolaan anggarannya. [HM]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *