,

KIP Aceh Selatan Usulkan Anggaran Pilkada Rp37 Miliar

TAPAKTUAN – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan mengusulkan biaya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 sebesar Rp 37 miliar. Usulan tersebut sudah disampaikan akhir 2016 lalu, namun hingga kini belum direspon pemerintah setempat.

Komisioner KIP Aceh Selatan, Saiful Bismi mengatakan meskipun tahapan Pilkada baru akan dimulai pada pertengahan bulan Agustus 2017, namun pihaknya telah mengusulkan kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan pesta demokrasi tersebt.

“Benar, kami telah mengusulkan kebutuhan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2018 mencapai Rp 37 miliar kepada Pemkab Aceh Selatan pada akhir tahun 2016 lalu persis disaat pembahasan anggaran tahun 2017,” kata Saiful Bismi kepada wartawan di Tapaktuan, Selasa, 14 Maret 2017.   
 
Sayangnya, kata dia, meskipun usulan tersebut telah dilayangkan sejak akhir tahun 2016 lalu, namun hingga saat ini belum ada respon atau tindaklanjut yang serius dan konkrit dari Pemkab Aceh Selatan.
 
“Seharusnya pihak Pemkab sudah menjalin koordinasi dan komunikasi dengan KIP Aceh Selatan untuk melakukan rasionalisasi anggaran sehingga sudah ada gambaran konkrit berapa jumlah anggaran yang akan diakomodir,” jelasnya.

Saiful mengharapkan kepada Pemkab Aceh Selatan agar segera menindaklanjuti usulan anggaran tersebut, sebab, seluruh keputusan yang akan ditindaklanjuti oleh Pemkab Aceh Selatan harus segera mereka laporkan kepada pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.
 
“Pihak KPU Pusat pusat merasa perlu atau penting mengetahui segera berapa jumlah anggaran yang akan dialokasikan oleh Pemkab Aceh Selatan untuk menentukan besaran subsidi yang akan di gelontorkan sumber APBN,” ungkapnya.
 
Sebenarnya, sambung Saiful, pasca usulan anggaran yang diajukan pihaknya akhir 2016 lalu, Pemkab Aceh Selatan telah mengalokasikan anggaran dalam APBK tahun 2017 sebesar Rp 7 miliar. Namun, pihaknya tetap meminta kepada Pemkab Aceh Selatan agar mempertimbangkan atau mengkaji kembali sistem pengalokasian anggaran seperti itu.
 
“Kami mengharapkan kepada Pemkab Aceh Selatan agar mengalokasikan anggaran secara sekaligus bukan per tahapan, sehingga memudahkan kami dalam menyusun program rencana kerja,” harapnya.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *