KIP Aceh Rekrut Relawan Demokrasi

0
169

BANDA ACEH – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh dan KIP Kabupaten/Kota menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait program dan perekrutan Relawan Demokrasi Pemilu 2019. Rapat berlangsung di Aula KIP Aceh, Senin 14 Januari 2019.

Rapat dipimpin oleh Ketua KIP Aceh Syamsul Bahri beserta komisioner Munawarsyah dan Akmal Abzal. Pesertanya para Komisioner KIP Kabupaten/Kota dan staf sekretariat.

Munawarsyah mengatakan program Relawan Demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk peningkatan partisipasi dan kualitas pemilu dalam menggunakan hak pilih secara cerdas. Selain itu juga pelibatan peran masyarakat sebagai pioner demokrasi. “Juga sebagai Mitra KPU/KIP untuk pelopor sosialisasi Pemilu 2019 berbasis komunitas strategis,” katanya.

Menurut Munawar, relawan demokrasi direkrut oleh KIP/Kabupaten kota, selanjutnya juga memberikan pembekalan kepada mereka. “KIP Aceh nantinya akan mensupervisi segala pelaksanaan program,” katanya.

Akmal Abzal mengatakan penerimaan relawan demokrasi telah mulai dilakukan sejak 10 Januari lalu. Jumlah diperlukan sebanyak 1.265 orang atau 55 orang per kabupaten/kota.

Selanjutnya relawan diharapkan mulai bekerja pada pekan keempat Januari 2019. “Mereka akan diberikan honor selama tiga bulan, sesuai ketentuan,” katanya.
Kegiatan mereka adalah sosialisasi ke berbagai komunitas berbasis keluarga, pemilih pemula, perempuan, disabilitas, warganet dan komunitas lainnya. “Nantinya mereka akan dibahani sebelum turun ke lapangan,” jelas Akmal.[rls/AW]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here