Ketua GKSP H Firmandez Kutuk Penembakan Jamaah Masjid di Selandia Baru

0
126

JAKARTA – Ketua Group Kerja Sama Parlemen (GKSP) DPR RI dengan Selandia Baru, H Firmandez mengutuk penembakan umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah shalat Jumat di dua masjid di Selandia Baru, Jumat, 15 Maret 2019.

H Firmandez yang juga anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKAP) ini menegaskan, aksi terorisme di Selandia Baru tersebut telah menciderai nilai-nilai kemanusiaan. Sampai Jumat sore sudah 49 orang meninggal akibat penembakan brutal tersebut, sementara puluhan lainnya masih menjalani perawatan di rumah sakit.

“Ini tragedi yang memilukan, kita mengutuk keras aksi-aksi terorisme seperti itu. Ini tragedi hitam bagi kemanusiaan dan perdamaian dunia. Ini sangat sensitive. Padahal isu-isu tentang perdamaiannya telah menjadi perhatian parlemen dunia dalam sidang World Parliamentary Forum on Sustainable Development, serta dalam berbagai kesempatan pertemuan parlemen dunia di berbagai negara,” jelas H Firmandez.

Politisi Golkar dari daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini menambahkan, parlemen 47 negara di dunia juga telah menyepakati untuk terus mengawal isu-isu perdamaian. Dan tragedi penambakan umat Islam yang sedang menjalankan ibadah shalat Jumat tersebut juga akan menjadi perhatian serius BKSAP DPR RI.

Selain itu, lanjut H Firmandez mengharapkan dunia terutama dunia Islam harus mengambil sikap dan bersuara atas tindakan rasis dan fasis yang dilakukan oleh pelaku teror penembakan di dua masjid di Selandia Baru tersebut.

“Ini duka bagi umat Islam, kita menyampaikan rasa belasungkawa yang dalam. Tapi kita juga harus bersikap. Negara-negara Islam di dunia harus bersikap. Dan tentunya kita berharap Pemerintah Selandia Baru bisa segera mengungkap motiv dan memproses pelakunya sesegera mungkin,” harap H Firmandez.[HK]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here