,

Kesenjangan Ekonomi di Indonesia Melampaui Perkiraan

YOGYAKARTA – Kesenjangan tingkat pendapatan masyarakat di Indonesia melampaui perkiraan. Bank Dunia mencatat 50 persen pendapatan Negara dinikmati oleh penduduk terkaya. Konsumsi 10 persen penduduk terkaya setara dengan total konsumsi 54 persen penduduk termiskin

Hal tersebut diungkapkan ekonom senior Bank Dunia, Ririn Purnamasari pada seminar kemiskinan dan ketimpangan di Indonesia perspektif kerakyatan di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogjakarta, 9 April 2016.

Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM dalam rilisnya menjelaskan, masyarakat memang sudah merasa kesenjangan, tapi kenyataannya kesenjangan lebih tinggi dari yang dipikirkan.

Menurut Rini, ketimpangan di Indonesia disebabkan oleh belum adanya pemerataan dalam hasil pembangunan nasional. “Sesuai data Bank Dunia, 50 persen pendapatan Negara masih dinikmati oleh penduduk terkaya, sisanya dibagi rata,” ungkapnya.

Rini merujuk pada survei persepsi ketimpangan yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 2014 terhadap 3.000 sampel penduduk Indonesia. Dalam hasil survei itu, tingkat ketimpangan yang diperkirakan responden mencapai 38 persen, padahal dalam kondisi sebenarnya, tingkat ketimpangan telah mencapai 49 persen penduduk Indonesia. “Sementara, tingkat ketimpangan menurut responden seharusnya hanya 28 persen,” jelas Rini.

Rini melanjutkan, Berdasarkan data Bank Dunia pada 2002, konsumsi dari 10 persen penduduk terkaya di Indonesia sama banyaknya dengan total konsumsi dari 42 persen penduduk termiskin. Selanjutnya, pada 2014, konsumsi dari 10 persen penduduk terkaya setara dengan total konsumsi dari 54 persen penduduk termiskin.

“Penanganan ketimpangan nasional perlu menjadi agenda prioritas pemerintah saat ini. Peningkatan ketimpangan yang dini lainya melaju cukup cepat dikhawatirkan mengganggu pertumbuhan ekonomi dan stabilitas sosial,” pungkas Rini.[HK]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *