,

Kerawang Gayo Jadi Daya Tarik Bagi Pengunjung PKA

BANDA ACEH – Kerawang Gayo yang dipajang di anjungan Gayo Lues di arena Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) di Taman Ratu Safiatuddin, Banda Aceh, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Junaida (39) warga Banda Aceh salah satu pengunjung, Minggu, 5 Agustus 2018 mengatakan, awalnya ia dan keluarganya hanya sekedar lewat-lewat saja melihat situasi dan kondisi seluruh anjungan PKA, namun saat melintasi anjungan Gayo Lues diriya tertarik melihat motif kerawang Gayo.

“Tadi saya dan keluarga hanya lewat saja, tapi melihat motif kerawang Gayo yang ada merah, kuning, dan hijaunya jadi tertarik, jadinya anak-anak mengajak masuk ke anjungan Gayo Lues ini,” katanya.

Dari seluruh anjungan yang ada di Taman Ratu Sapiatudin, Junaida mengaku tidak semua anjungan yang ia kunjunggi untuk mengabadikan momen tersebut, namun hanya beberapa anjungan saja yang dianggap menarik.

“Rupanya di anjungan Gayo Lues ini ada beberapa hal yang menarik, selain motif kerawang Gayo yang sudah mendunia dipakai pemain tari saman, ada juga pedang dan hasil alam yang dipamerkan juga sangat menarik,” jelasnya.

Junaida yakin, anjungan Kabupaten Gayo Lues yang sudah ditata rapi dengan bermacam hal yang dipersembahkan kepada pengunjung akan mendapat nomor pada PKA ke-7 tahun 2018 ini.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues, Syarfuddin selaku Ketua Panitia PKA Anjungan Gayo Lues mengatakan, salah satu penarik minat pengunjung untuk masuk ke anjungan PKA adalah plaminan khas Gayo yang dimodifikasi dengan kerawang Gayo.

“Saya rasa itu yang membuat pengunjung tertatik, karena sejak kita pasang pelaminan itu, banyak pengunjung yang mengabadikan bersama keluarganya di atas pelaminan itu, kemudian bermacam barang yang kita pamerkan,” katanya.

Barang-barang yang dipamerkan di anjungan PKA Gayo Lues kata Syafrudin adalah barang-barang kuno dan tidak dimiliki oleh daerah lain, sehingga pengunjung inggin mengetahui nama-nama benda kuno di anjungan Gayo Lues.[Win Porang]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *