,

Kepala ULP Bantah Kondisikan Lelang Proyek

TAPAKTUAN – Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Aceh Selatan, Mudasir membantah tudingan Ketua Forum Bedah Desa Nasional, T Sukandi, yang menyebutkan proses pelelangan paket proyek di daerah itu hanya formalitas belaka.

“Tudingan itu tidak benar, karena proses pelelangan seluruh paket proyek tersebut telah sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Mudasir kepada wartawan di Tapaktuan, Selasa, 18 April 2017.

Mudasir juga menjelaskan terkait tudingan bahwa para pemenang lelang terhadap paket-paket proyek besar diatas Rp 1 miliar ke atas selama ini selalu didominasi oleh perusahaan-perusahaan itu-itu saja.

“Kami tidak menghendaki atau menginginkan untuk memenangkan perusahaan-perusahaan itu-itu saja. Tapi ketika kondisi ril di lapangan bahwa tidak ada perusahaan lain yang masuk mendaftar dan mengajukan penawaran serta perusahaan dimaksud mampu melengkapi seluruh persyaratan sesuai ketentuan yang ditetapkan, maka kami juga tidak mungkin menolak atau menggugurkannya,” ujar Mudasir.

Selain itu katanya, setiap paket proyek yang telah ditetapkan sebuah perusahaan rekanan sebagai pemenangnya oleh pihak ULP, belum tentu perusahaan itu yang akan mengerjakan paket proyek tersebut, karena hasil pelelangan tersebut masih bisa dievaluasi oleh Pengguna Anggaran (PA) dalam hal ini kepala dinas. “Terkait pengawasan pekerjaan proyek itu langsung ranahnya dinas teknis terkait. Kami selaku ULP hanya sebatas bertanggungjawab terhadap proses lelang,” tegasnya.

Mudasir juga menjelaskan bahwa dari lebih kurang sebanyak 250 paket proyek sumber APBK 2017 dengan nilai anggaran sekitar Rp 300 miliar lebih yang sudah diumumkan dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP), baru sekitar 70 paket proyek yang sudah selesai dilelang serta 4 paket diantaranya terpaksa harus dilelang ulang karena perusahaan yang ikut satupun tidak memenuhi persyaratan.[HM]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *