,

Kementerian PUPR Harus Percepat Konektivitas Antar Wilayah

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai kementerian dengan anggaran tersebesar, harus mampu menyelesaikan pembangunan infrastruktur untuk percepatan konektivitas dan mengurangi kesenjangan antar wilayah.

Anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan insfrastruktur dan perhubungan, H Firmandez menilai percepatan juga sangat penting dilakukan untuk mendorong tumbuhnya investasi di daerah.

“Anggaran yang dialokasikan ke Kementerian PUPR untuk tahun 2018 sebesar Rp 106,91 triliun, dari jumlah itu Rp 41,3 triliun merupakan alokasi untuk peningkatan konektivitas. Sementara untuk ketahanan pangan dan air Rp 37,3 triliun, pemukiman Rp 15,9 triliun, dan perumahan Rp 9,6 triliun,” jelas H Firmandez.

H. Firmandez

Politisi Golkar asal daerah pemilihan (Dapil) Aceh 2 ini melanjutkan, angka-angka tersebut merupakan anggaran yang disampaikan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR RI membahas tentang Rencana Kegiatan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA K/L) pada Kamis, 7 September 2017 kemarin.

Dalam rapat tersebut Menteri PUPR mengatakan, peningkatan konektivitas tahun 2018 dilakukan melalui pembangunan jalan baru sepanjang 864 km dan preservasi jalan nasional 46.000 km. Sementara target pembangunan jalan tol 615 km, dimana 25 km diantaranya merupakan porsi pemerintah.

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan membangun 47 bendungan dengan komposisi 11 bendungan baru dan 36 bendungan yang merupakan lanjutan pekerjaan sebelumnya. Selain itu juga akan dibangun jaringan irigasi baru seluas 54.000 hektar, dan rehabilitasi irigasi yang rusak 160,000 hektar.

“Ini harus dipercepat, pelelangan harus dilakukan segera. Apalagi berdasarkan penjelasan mereka, ada 5.191 paket yang harus dilelang pada Oktober 2017 dengan nilai mencapai Rp 31,65 triliun. Kita dorong agar percepatan itu bisa menyelesaikan berbagai target pembangunan infrastruktur di berbagai daerah, seperti pembangunan tol trans-Sumatera dari Aceh hingga Lampung,” harap H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *