Kementerian PUPR Diminta Lanjutkan Revitalisasi Krueng Daroy

0
78

BANDA ACEH – Pemerintah diminta untuk melanjutkan revitalisasi Krueng Daroy. Permintaan itu disampaikan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Basoeki Hadimoeljono hadir ke Banda Aceh, Senin, 11 Maret 2019.

Basoeki Hadimoeljono hadir di Banda Aceh dalam rangka membuka secara resmi kegiatan fasilitasi uji sertifikasi tenaga kerja infrastruktur. Kedatangan Basoeki disambut Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman bersama sejumlah pejabat di Banda Aceh Convention Hall, tempat kegiatan ini berlangsung.

Saat tiba bersama Plt Gubernur, Nova Iriansyah, Menteri PUPR langsung disambut Aminullah dan berjalan menuju panggung utama di dalam gedung berkapasitas 4000 undangan tersebut. Turut menyambut Menteri PUPR, 704 pekerja kontruksi yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Tahun 2019 ini sudah dipastikan lanjut tahap ke dua, dimana revitalisasi Krueng Daroy akan dikerjakan sampai dengan jembatan di dekat Masjid Kupiah Meukutop. Kami mohon kepada Pak Menteri agar bisa dianggarkan untuk tahap ketiga,” pinta Aminullah.

Kata Aminullah, revitisasi Krueng Daroy telah menunjukkan hasil yang menakjubkan, di mana kawasan yang semula merupakan kawasan kumuh telah berhasil disulap menjadi kawasan yang indah dan menjadi favorit warga kota lewat program ‘Kotaku’.

“Sekarang lokasi Krueng Daroy telah menjadi lokasi favorit warga kota. Bahkan telah menjadi sumber ekonomi karena banyak yang datang mengunjungi lokasi ini,” ujar Aminullah.

Karenanya, Wali Kota meminta program ini bisa dilanjutkan hingga tahap ke tiga.
“Tahap ke tiga nanti bisa kita tuntaskan sampai ke jembatan Keutapang,” kata mantan Dirut Bank Aceh ini.

Permohonan lainnya, Aminullah juga meminta kelanjutan program revitalisasi Krueng Aceh. “Programnya sudah terealisasi dan sudah dibangun River Walk sepanjang setengah kilometer. Kami mohon ini juga dilanjutkan Pak Menteri untuk mewujudkan program Banda Aceh Waterpront City,” ujarnya.

Aminullah juga meminta Kementerian PUPR juga ikut membantu program penyediaan air bersih melalui PDAM Tirta Daroy, serta menggarkan dana untuk pembangunan jalan lingkar Banda Aceh dan Aceh Besar (Banda Aceh Outer Ring Road) sepanjang 44 kilometer.

“Panjangnya sekitar 44 KM, perencaannya sudah selesai, Amdal juga sudah. Proyek ini diperkirakan menelan dana Rp.3 T. Jalan ini akan melingkari Banda Aceh dan Aceh Besar, juga untuk infrastruktur pendukung waterpront city,” tambah Aminullah.

Usai membuka kegiatan ini, Menteri PUPR bersama Wali Kota Banda Aceh dan Plt Gubernur menuju ke kawasan Krueng Daroy. Di lokasi ini, tepatnya di belakang Gunongan, Menteri, Plt Gubernur dan Wali Kota melihat langsung realisasi program revitaliasi yang telah dilaksanakan.[rls]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here