,

Kementerian PU Diminta Bangun Jembatan Krueng Baru

TAPAKTUAN – Anggota DPRK Aceh Selatan, Lisa Elfirasman, meminta kepada Pemkab Aceh Selatan segera mengusulkan pembangunan Jembatan Krueng Baru, Kecamatan Labuhanhaji Barat ke Pemerintah Aceh dan Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta.
 
Soalnya, keberadaan jembatan yang menghubungkan jalan lintas nasional di perbatasan Kabupaten Aceh Selatan dengan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) tersebut kondisinya sekarang ini sudah sangat mengkhawatirkan.
 
Yakni di samping sangat sempit, konstruksi jembatan yang dibangun sekitar tahun 1970-an tersebut juga tidak kokoh lagi. Sehingga sebelum ambruk ke dasar sungai, diharapkan kepada pihak terkait segera membangun jembatan baru di lokasi tersebut.
 
“Dengan kondisi yang ada sekarang ini kami nilai konstruksi jembatan tersebut sudah tidak mungkin dipertahankan lagi. Makanya sebelum jatuh korban jiwa kami minta kepada pihak pemerintah segera membangun konstruksi jembatan baru di lokasi itu yang lebih kokoh dengan lebar diperluas lagi dari sekarang,” kata Lisa Elfirasman di Tapaktuan, Senin, 12 Desember 2016.
 
Menanggapi permintaan ini, Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra menyatakan, pihaknya telah mengusulkan terkait rencana peningkatan pembangunan jembatan Krueng Baru di perbatasan Kabupaten Aceh Selatan dengan Kabupaten Abdya.
 
“Karena Jembatan Krueng Baru yang menghubungkan jalan lintas nasional tersebut statusnya jalan provinsi, maka kami sudah mengusulkan rencana peningkatan pembangunannya ke kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta,” kata Sama Indra.
 
Selain jembatan Krueng Baru, sambung Bupati, pihaknya juga telah mengusulkan rencana pembangunan jembatan Desa Panton Luas Kecamatan Sawang dalam program anggaran Pemkab Aceh Selatan tahun 2018.

“Selain itu, kami juga telah mempogramkan pembangunan jembatan Padang Ketek Rantau Binuang pada tahun 2017. Begitu juga untuk jembatan Barat Daya, Kecamatan Kluet Selatan. Termasuk pembangunan Jalan Kotafajar – Manggamat, serta Ruas Jalan Lawe Sawah – Koto Indarung, Kecamatan Kluet Timur dalam program anggaran tahun 2017,” ujarnya.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *