,

Kementerian Pertanian Tawarkan Pengembangan 20.000 Ha Jagung di Gayo Lues

BLANGKEJEREN – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian menawarkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gayo Lues untuk mengembangkan 20.000 hektar jagung. Tawaran itu diberikan karena masih banyak lahan tidur di negeri seribu bukit tersebut.

Kepala Dinas Pertanian Gayo Lues, Noval Sp, Selasa, 1 Maret 2016 mengatakan, tawaran tersebut masih dipertimbangkan, apakah diterima atau tidak. “Kita masih mempertimbangkannya, pemerintah pusat akan memberikan bibit sesuai dengan permintaan masyarakat,” jelas Noval.

Menurut data Dinas Pertanian, di Gayo Lues ada 20.000 hektar lahan yang potensial untuk ditanami jagung. Saat ini lahan produktif yang sudah ditanami jagung baru sekitar 3.000 hektar.

Noval menjelaskan, yang sudah pasti dalam APBK Gayo Lues ada 200 hektar yang sudah dianggarkan untuk ditanami jagung beserta pengolahan lahan dan pupuknya. Sementara dalam APBA belum diketahui berapa yang disetujui.

“Memang ada sebagian lahan jagung dialihkan warga menanam serai wangi, itu tidak masalah, intinya dari perkebunan harus menghasilkan, baik itu jagung atau tanaman sere wangi, dan kami juga mengakui banyak warga yang menanam jagung gagal panen disebabkan cuaca yang tidak menentu dan hama babi,” ujarnya.

Akibat banyak petani jagung gagal panen terjebak cuaca tidak menentu, Noval menganjurkan agar masyarakat menanam jagung pada bulan Agustus dan Januari bila nantinya bibit yang diberikan Pemerintah Pusat untuk Gayo Lues jadi diterima, sebab, dari hasil penelitian hanya di bulan tersebut mencapai tiga hingga empat bulan masa hujanya.

“Untuk penghasilan jagung di Gayo Lues per tahun belum kita dapat berapa rinciannya, salah satu permasalahanya antara jumlah lahan yang ditanam dengan jumlah yang berhasil panen tidak menentu, kadang ada gagal panen, kadang tidak, namun kita menyarankan agar penanaman dilakukan serentak untuk menghindari hama babi hutan,” pintanya. [Win Porang]

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *