,

Kementerian LHK Undang H Firmandez dan Toke Seum Bicara Pengelolaan Mangrove

JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) melalui Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, mengundang anggota DPR RI asal Aceh, H Firmandez dan Wali Kota Langsa Usman Abdullah alias Toke Suuem terkait pengelolaan hutan mangrove.

Dalam surat bernomor UN.29/PPKL/SET/WAS-3/8/2018 tanggal 7 Agustus 2018 dijelaskan, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian LHK, M R Karliansyah mengundang H Firmandez dan Toke Suuem dalam rangka membahas upaya pelestarian hutan mangrove.

Pertemuan dan pembahasan akan dilakukan di Kementerian LHK di Jalan DI Panjaitan Kav. 24 Kebon Nanas, Jakarta Timur pada Jumat dan Sabtu, 10-11 Agustus 2018, serta mengunjungi dan melihat pengelolaan hutan mangrove di Karangsong, Indramayu, Jawa Barat.

H Firmandez menjelaskan, undangan tersebut terkait dengan usulan dirinya sebelumnya agar Wali Kota Langsa, Usman Abdullah alais Toke Sueum mendapat anugerah Kalpataru atas upayanya menyelamatkan hutan mangrove di langsa.

Usulan tersebut disampaikan langsung H Firmandez kepada MR Karliansyah dalam suatu pertemuan di Kalimantan Timur beberapa waktu lalu. Saat itu orang kementerian ternyata tidak tahu tentang hutan mangrove di Langsa.

“Setelah saya tunjukkan videonya, mereka baru tahu. Makanya sekarang Wali Kota Langsa diundang untuk membicarakan upaya penyelamata mangrove,” jelas Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI tersebut.

H Firmandez menilai, keberhasilan Wali Kota Usman Abdullah dalam merehabilitasi hutan bakau patut diapresiasi semua pihak, terutama oleh Kementerial LHK. “Undangan ini juga sebagai bentuk apresiasi pihak Kementerian LHK, artinya sekarang mereka tahu kalau di Langsa pemberdayaan dan rehabilitrasi hutan mangrove itu sudah lama dilakukan. Saya berharap suatu saat Wali Kota Langsa memperoleh anugerah kalpataru atas kiprahnya dalam menyelamatkan lingkungan,” harap H Firmandez.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *