,

Kementerian Kelautan Akan Razia Dokumen Kapal di Aceh

TEROPONGACEH.COM | TAPAKTUAN – Tim terpadu dari Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam waktu dekat akan melakukan razia dokumen kapal di Aceh. Hal itu dilakukan sesuai instruksi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan, Cut Yusminar kepada wartawan di Tapaktuan, Kamis, 8 September 2016 menjelaskan, banyak kasus yang ditemukan selama ini, kapal yang memiliki tonase di atas 10 GT tapi justru didaftarkan dibawah 10 GT, padahal sesuai ketentuan kapal yang memiliki tonase 10 GT sampai 30 GT kewenangan perizinan berada di Provinsi sedangkan di atas 30 GT berada di Pusat.

“Untuk menertibkan ini, tim terpadu bentukan Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam waktu dekat akan menggelar razia secara besar-besaran untuk memeriksa seluruh dokumen kapal milik nelayan,” ungkapnya.

Meskipun razia tersebut masih pada tahap pembinaan dan penertiban, tidak tertutup kemungkinan akan dilakukan penindakan tegas. Cut Yusminar melanjutkan, beberapa langkah yang telah dilakukan pihaknya selain telah beberapa kali menggelar pemeriksaan dokumen kapal yang melibatkan petugas dari dinas dimaksud, juga terus menggencarkan langkah sosialisasi.

“Saya telah menekankan bahwa siapa saja yang selama ini telah memanipulasi dokumen kapal agar segera memperbaikinya kembali, sebab jangan sampai ketika dilakukan pemeriksaan oleh tim terpadu dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, ditemukan bukti dokumen kapal tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya, maka akan menjadi kasus,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Usaha dan Pengawasan pada Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Selatan, Lukman menginformasikan bahwa kegiatan sosialisasi di Gedung SKB Labuhanhaji, Kamis, 8 September 2016 diikuti oleh sebanyak 40 orang peserta yang terdiri dari para perwakilan nelayan, pemilik kapal, panglima laot dan pemilik pukat tarik. Mereka berasal dari Kecamatan Samadua, Sawang, Meukek hingga wilayah Labuhanhaji Raya.[Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *