,

Kemenhub Tinjau Rencana Proyek APBN di Aceh Selatan

TEROPONGACEH.COM | TAPAKTUAN – Tim dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dipimpin Kepala Bidang (Kabid) Program dan Evaluasi, Rosita, turun ke Kabupaten Aceh Selatan pada Sabtu, 20 Agustus 2016 untuk meninjau beberapa lokasi rencana pembangunan proyek sumber APBN sesuai usulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Beberapa lokasi yang ditinjau tersebut adalah Pelabuhan Penyeberangan Labuhanhaji, Pelabuhan Rakyat Pasie Meukek, Terminal angkutan penumpang Tipe B Tapaktuan dan Bandar Udara T Cut Ali di Kecamatan Pasie Raja.

Turut mendampingi tim dari Kementerian Perhubungan antara lain, Asisten III Setdakab Said Azhar mewakili Bupati Aceh Selatan HT Sama Indra, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mufti A Bakar, Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Aceh Selatan Agusman Yasri dan Kepala Bidang (Kabid) Program Edward Noris, Kepala bagian (Kabag) Pembangunan Setdakab Mukhsin, serta Kabid Aset Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah (DPKKD) Elwin.

Kabag Pembangunan Setdakab Aceh Selatan, Mukhsin mengatakan, kunjungan tim dari Kementerian Perhubungan ke beberapa lokasi moda transportasi angkutan laut, darat dan udara dalam wilayah Aceh Selatan tersebut, sebagai bagian dari tindaklanjut usulan program yang diajukan oleh Bupati Aceh Selatan pada tahun 2015 lalu.

“Proposal peningkatan pembangunan proyek-proyek tersebut telah diajukan oleh Bupati sejak tahun 2015 lalu, dengan telah diturunkannya tim untuk meninjau langsung lokasi proyek dimaksud, maka hampir dapat dipastikan bahwa kebutuhan anggaran untuk pembangunan proyek tersebut akan direalisasikan oleh pihak Kementerian Perhubungan melalui sumber APBN,” kata Muhksin.

Sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah anggaran yang akan dikucurkan oleh pihak Kementerian Perhubungan melalui sumber dana APBN tahun 2017 untuk pembangunan proyek-proyek tersebut karena belum ada penetapan DIPA. Namun berdasarkan usulan program yang diajukan oleh Pemkab Aceh Selatan jumlah kebutuhan anggaran untuk peningkatan pembangunan Pelabuhan Labuhanhaji, Pelabuhan Rakyat Pasie Meukek, Terminal Tipe B Tapaktuan dan Bandar Udara T Cut Ali tersebut mencapai ratusan miliar rupiah.

Mukhsin mengatakan, dari hasil kunjungan tersebut tim dari Kementerian Perhubungan menunjukkan respon yang positif karena mereka menilai beberapa lokasi tersebut semuanya merupakan fasilitas infrastruktur yang membutuhkan peningkatan pembangunan untuk menunjang perekonomian rakyat dan kemajuan pembangunan daerah.

“Respon sangat menonjol ditunjukkan oleh tim Kementerian Perhubungan saat meninjau Bandar Udara T Cut Ali di Kecamatan Pasie Raja. Sebab menurut mereka bandara tersebut sudah selayaknya ditingkatkan lagi pembangunannya sehingga bisa mendarat pesawat berbadan besar sejenis Wing Air. Karena satu-satunya solusi untuk memajukan pembangunan daerah adalah tersedianya fasilitas transportasi yang memadai,” ujar Mukhsin.

Untuk mempercepat realisasi program tersebut, sambung Mukhsin, pihak Kementerian Perhubungan telah meminta kepada Pemkab Aceh Selatan agar segera melengkapi beberapa persyaratan yang belum lengkap.

“Jika seluruh persyaratan yang dibutuhkan tersebut telah lengkap, kemungkinan besar proyek tersebut akan diluncurkan secara bertahap sejak tahun 2017 mendatang,” pungkas Mukhsin. [Hendri Z]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *