,

Kemenhub Akan Perbaiki Fasilitas Bandara Malikussaleh

LHOKSEUMAWE – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara, akan memperbaiki beberapa fasilitas Bandar Udara (Bandara) Malikussaleh, Aceh Utara.

Tim dari Kemenhub sudah melakukan pembicaraan dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara terkait peralihan pengelolaan bandara tersebut. Hal itu diungkapkan anggota Komisi V DPR RI asal Aceh, H Firmandez, Jumat, 23 Februari 2018.

Menurut anggota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Aceh 2 ini, Kementerian Perhubungan merupakan mitra kerjanya di Komisi V. Ia telah memfasilitasi keinginan Pemkab Aceh Utara untuk meminta pengelolaan Bandara Malikussaleh kepada Kemenhub.

“Tim dari Dirjen Perhubungan Udara sudah ke Aceh Utara. Ada beberapa hal yang disepakati. Untuk tahap pertama fasilitas Bandara Malikussaleh akan diperbaiki, dan ijin operasionalnya juga akan diperpanjang,” jelas Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh di DPR RI tersebut.

H Firmandez melanjutkan, fasilitas Bandara Malikussaleh yang akan diperbaiki itu antara lain, alat navigasi, recovery lampu landasan (runway light), serta penempatan sumber daya manusia (SDM) untuk peningkatan pelayanan.

“Akan ada juga penambahan penerbangan ke Bandara Malikussaleh. Kalau nanti penerbangannya sudah optimal, baru dilakukan perpanjangan landasan pacu (runway). Kita berharap dengan dikelolanya Bandara Malikussaleh oleh Kemehub, aka nada peningkatan dan penambahan pendapatan daerah bagi Aceh Utara,” harap Ketua Departemen Hubungan Antar Lembaga Polik DPP Golkar tersebut.[HK]

Written by Redaksi

Redaksi Teropong Aceh. Email: redaksi@teropongaceh.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *